Kesehatan

Delapan Makanan Pereda Stres: Bayam, Paprika, Teh Herbal hingga Cokelat

"Yang terbaik adalah mencoba, dan memasukkan bahan-bahan ini ke dalam diet setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal."

Delapan Makanan Pereda Stres: Bayam, Paprika, Teh Herbal hingga Cokelat
pixabay.com/12019
CHEF 

SURYAMALANG.COM - Saat pikiran penuh dengan tekanan, banyak orang "lari" kepada makanan, bahkan tak jarang makanan tak sehat. Padahal, makanan semacam itu biasanya juga bergizi rendah, dan justru tak dapat mengurangi rasa stres.

Bukan tidak mungkin pula, asupan semacam itu menjadi pemicu bertambahnya berat badan, yang berdampak pada melambungnya rasa cemas.

Kabar baiknya, para ahli menyebut ada beberapa bahan makanan yang disebut mampu membantu meredakan stres.

"Yang terbaik adalah mencoba, dan memasukkan bahan-bahan ini ke dalam diet setiap hari untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal."

Demikian kata Ahli Gizi Melissa Eboli, seperti dikutip dari laman Elitedaily. Dengan kata lain, beberapa bahan ini dapat bekerja secara instan, dan mengonsumsinya secara teratur akan sangat membantu meredakan kecemasan.

Selain itu, bahan makanan tersebut juga memiliki rasa yang nikmat, dan bisa ditambahkan dalam makanan favorit kita.

1. Biji bunga matahari

Menurut Eboli, biji bunga matahari adalah bahan yang bagus untuk ditambahkan dalam hidangan, demi mengurangi stres. Ahli gizi Cynthia Sass kepada CNN mengatakan, biji bunga matahari kaya akan magnesium. Nah, magnesium telah terbukti membantu meringankan depresi, kelelahan, dan meredakan emosi. Kita bisa menambahkan biji bunga matahari pada salad atau sebagai topping untuk sajian pasta. Jika kita bukan penggemar biji bunga matahari, kita bisa menggantinya dengan kacang mete, biji labu, atau almond.

2. Kacang-kacangan

Stres menguras persediaan vitamin B dalam tubuh. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi kacang. "Vitamin B menjaga neurotransmiter yang merangsang rasa bahagia dan membantu menangani respons stres fight-or-flight," kata Psikolog, Ellen Albertson di laman Eatingwell. Periset dari Penn State menemukan kandungan potasium dalam kacang juga dapat mengurangi tekanan darah, dan mengurangi tekanan di jantung.

Halaman
123
Tags
kesehatan
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved