Pemilu

KPU Sosialisasi Pemilih Pemula Disabilitas Agar Tidak Golput Pada Pemilu 2019

KPU menyelingi kegiatan sosialisasi dengan menyanyi dan bercanda di sela-sela menyampaikan materi Pemilu ke para siswa disabilitas.

KPU Sosialisasi Pemilih Pemula Disabilitas Agar Tidak Golput Pada Pemilu 2019
suryamalang.com/Samsul Hadi
Suasana sosialisasi tata cara Pemilu 2019 di SMALB Kota Blitar, Selasa (30/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Kota Blitar mendapat sosialisasi tentang tata cara mengikuti pemilihan umum (Pemilu), Selasa (30/10/2018).

Para siswa berkebutuhan khusus itu diminta tidak golput pada Pemilu 2019. Kegiatan sosialisasi untuk pemilih pemula penyandang disabilitas sedikit berbeda.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar menyampaikan materi dengan cara menghibur. KPU menyelingi kegiatan menyanyi dan bercanda di sela-sela menyampaikan materi ke para siswa disabilitas.

"Suasananya dibuat sesantai mungkin, agar siswa tidak tegang. Makanya di tengah-tengah materi kami selingi dengan menyanyi dan bercanda," kata Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Blitar, Ummu Chairu Wardani.

Ummu mengatakan, para siswa berkebutuhan khusus juga mempunyai hak pilih di ajang Pemilu 2019. Maka itu, KPU meminta para siswa berkebutuhan khusus ikut menyalurkan hak pilihnya. Jangan sampai siswa berkebutuhan khusus golput pada Pemilu 2019.

"Sebagai pemilih pemula, siswa berkebutuhan khusus jangan sampai golput," ujarnya.

Jumlah pemilih pemula di Kota Blitar sendiri diperkirakan mencapai 4.000 orang. Pemilih pemula itu mayoritas pelajar tingkat SMA. Saat ini, KPU terus mendata pemilih pemula agar bisa ikut mencoblos pada pemilu 2019.

Sosialisasi itu diikuti sebanyak 31 siswa berkebutuhan khusus. Para siswa yang ikut sosialisasi penyandang tuna grahita, tuna rungu, tuna netra, dan down syndrome. Mereka terlihat antusias mengikuti sosialisasi dari KPU.

Seperti yang dilakukan Melvin Tantino. Penyandang tuna grahita ini terlihat aktif bertanya ke pemateri. Dia sempat menanyakan soal arti golput ke pemateri. Dengan sabar pemateri menjelaskan arti golput ke Melvin.
"Saya sudah pernah ikut pemilu pada Pilgub Jatim lalu. Pilpres nanti yang kedua kalinya," kata Melvin. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved