Bisnis

Awal Bulan, Nilai Tukar Rupiah Menguat Rp 15.195 Per Dollar AS

Penguatan kurs rupiah awal bulan ini beriringan dengan mata uang Asia yang hampir seluruhnya menguat.

Awal Bulan, Nilai Tukar Rupiah Menguat Rp 15.195 Per Dollar AS
Nilai Tukar Rupiah Menguat 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah menguat pada awal bulan November 2018. Kamis (1/11), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di Rp 15.195 per dollar Amerika Serikat (AS), menguat 0,21 persen ketimbang posisi kemarin pada Rp 15.227 per dollar AS.

Di pasar spot pukul 10.55 WIB pagi ini, rupiah pun menguat terhadap dollar AS. Rupiah spot berada di Rp 15.184 per dollar AS, menguat 0,12 persen dari penutupan perdagangan kemarin pada Rp 15.203 per dollar AS.

Penguatan kurs rupiah ini beriringan dengan mata uang Asia yang hampir seluruhnya menguat. Hingga menjelang siang ini, hanya mata uang ringgit yang masih melemah tipis terhadap the greenback.

Penguatan mata uang kawasan Asia, termasuk rupiah ini terjadi setelah dollar terkoreksi. Indeks dollar yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia menguat ke atas level 97 pada Selasa dan Rabu pekan ini.

Hari ini, indeks dollar kembali ke level 96,83. Meski ada koreksi, indeks dollar cenderung menguat. Indeks dollar menguat 2,1 persen sepanjang bulan Oktober. Indeks dollar telah menguat 5,43 persen sepanjang tahun 2018 hingga hari ini.

Indeks dollar AS melonjak setelah laporan ADP national employment menunjukkan bahwa pembayaran gaji sektor swasta bulan Oktober naik dengan laju tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved