Kota Batu

Reaksi Serikat Pekerja Soal UMK Kota Batu 2019 Jadi Rp 2,575 Juta

Ada 300 perusahaan yang kami pantau di Batu ini. Ya hampir sekitar 60 persennya yang masih belum menggaji karyawannya sesuai dengan UMK.

Reaksi Serikat Pekerja Soal UMK Kota Batu 2019 Jadi Rp 2,575 Juta
suryamalang.com
ILUSTRASI DEMO BURUH 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Sudah dipastikan tahun 2019 upah minimum kota/kabupaten (UMK) naik sebanyak 8,03 persen.

Untuk Kota Batu yang semula Rp 2.384.168 di tahun 2018 naik menjadi Rp 2.575.616 di tahun 2019. Namun kenaikan UMK itu tak berpengaruh bagi buruh di Kota Batu.

Seperti yang diungkapkan Eko Prasetyo (30). Pekerja bengkel ini mengungkapkan ia pernah bekerja di perusahaan dengan upah sesuai UMK.

Menurutnya bekerja dengan upah tidak menentu lebih mengasyikkan dan menantang.

"Saya sudah pernah bekerja dengan upah UMK. Tapi di bawah tekanan. Makanya sekarang ini lebih enak bekerja tidak sesuai UMK, lebih menantang. Jadi mau UMK naik, tidak ada pengaruhnya buat saya," ujarnya saat ditemui di tempatnya bekerja di Jalan Dewi Sartika, Kota Batu, Kamis (1/10/2018).

Upah yang ia terima karena bekerja di bengkel motor dan mobil, dalam satu hari upahnya dihitung per kendaraan yang servis di bengkelnya. Satu kendaraan diupah Rp 30 ribu. Ia menyebutkan karena tempat bekerjanya ialah bidang jasa.

Dalam satu minggu ia bisa menghasilkan sekitar Rp 500 ribu, sesuai jumlah kendaraan yang ia tangani.

"Kalau usaha di bidang jasa ditetapkan upah sesuai UMK akan sulit, pasti banyak yang tidak setuju. Jadi pengupahan sesuai UMK itu diterapkan sama perusahaan saja," imbuh warga Kecamatan Bumiaji ini.

Pekerja bengkel di Kota Batu yang diupah tak sesuai dengan UMK.
Pekerja bengkel di Kota Batu yang diupah tak sesuai dengan UMK. (sany eka putri)

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Industrial Dinas Penaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Tenaga Kerja Kota Batu Sapto Nora Adi mengatakan pihaknya bersama beberapa pihak lain sudah menyetujui tentang kenaikan upah UMK Kota Batu.

Ia menegaskan kenaikan upah yang sesuai dengan PP no 78 tahun 2015 tentang kenaikan upah itu disesuaikan dengan survei 60 item.

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved