Tulungagung

Janjian Jual-Beli Barang, Pelajar Nekat Bawa Kabur Handphone

Belum sempat dibayar, pelaku bawa kabur barang dengan sepeda motornya. Korbanpun mengejar hingga tertangkap

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Niat menjual sebuah telepon genggam merk OPPO tipe F9, Ali Wafa (25) justru nyaris kehilangan barang yang dijualnya. Hal ini bermula saat Ali, warga Desa Margomulyo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek mengunggah telepon genggam itu ke forum jual beli Facebook.

Seseorang dengan akun PK kemudian mengomentari dan mengajak cash on delivery (COD), Kamis (1/11/2018) pukul 20.00 WIB.

Ali pun setuju, dan keduanya sepakat bertemu di depan Balai Desa Bungur Kecamatan Karangrejo.

Saat bertemu, ternyata sosok pembeli itu adalah seorang pelajar berusia 16 tahun, dengan inisial SR.

"SR ini sempat melihat-lihat kondisi HP yang dijual itu. Dia pun sepakat untuk membelinya," terang Kasubag Humas Polres Tulungagung, Iptu Sumaji, Jumat (2/11/2018).

Telepon genggam warna merah itu sepakat dibeli seharga Rp 3.600.000. Namun belum sempat alat komunikasi itu dibayar, SR kabur dengan sepeda motornya.

Telepon genggam milik Ali dibawa ngebut ke arah selatan. Ali pun bergegas menghidupkan motornya dan mengejar SR.

Aksi kejar-kejaran ini berakhir saat Ali berhasil memegang baju SR. Tanpa ampun Ali menarik SR hingga terjatuh dari motor.

Aksi Ali dan SR ini sempat mengundang warga sekitar. SR kemudian diamankan di rumah warga, kemudian diserahkan ke polisi.

"Barang bukti telepon genggam yang dibawa kabur itu berhasil ditemukan. Pelaku sempat diamankan di Polsek Karengrejo," tambah Sumaji.

Namun karena SR masih anak-anak, perkara ini diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Apalagi SR masih berstatus pelajar. "Korban dan keluarga pelaku sepakat tidak melanjutkan ke proses hukum," ujar Sumaji.

Sumaji mengingatkan, warga agar berhati-hati jika berjualan online dan diajak COD. Disarankan COD dilakukan di tempat ramai dan terang. Jangan sampai COD menjadi modus pelaku kejahatan untuk merampas barang yang dijual.

Sebab sebelumnya ada kejadian, seorang penjual babak belur dihajar saat COD dan barangnya dibawa kabur. Meski akhirnya pelaku berhasil ditangkap warga dan polisi. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved