Malang Raya

Pemkot Malang Benahi Dua Pasar Kumuh di Kasin dan Mergan Mulai Tahun Depan

Kedua pasar itu adalah Pasar Kasin dan Pasar Mergan yang kondisinya dinilai kumuh sehingga harus segera dibenahi.

Pemkot Malang Benahi Dua Pasar Kumuh di Kasin dan Mergan Mulai Tahun Depan
google street view
Pasar Kasin, Kota Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Pemerintah Kota Malang berencana membenahi dua pasar kumuh tahun 2019. Kedua pasar itu adalah Pasar Kasin dan Pasar Mergan yang kondisinya dinilai kumuh sehingga harus segera dibenahi.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang, Wahyu Setianto menjelaskan renovasi pasar nanti rencananya tidak menggunakan APBD. Pembenahan pasar tersebut rencananya akan menggunakan dana alokasi umum (DAK) dan dana tugas pembantuan (TP).

Dipaparkan Wahyu, pemerintah masih belum bisa menggunakan anggaran APBD untuk proses pembenahan pasar tradisional secara bersamaan. Pemkot Malang akan mengakses dana dari pemerintah pusat yang selama ini sudah disediakan.

"Kota Malang selama ini sudah banyak memanfaatkan dana dari pusat untuk pembenahan pasar. Tahun ini ada Pasar Bunul dan Pasar Klojen. Untuk tahun depan rencananya pasar Kasin dan Mergan," ujarnya, Sabtu (3/11/2018)

Menurut Wahyu, alasan diajukannya dua pasar tersebut untuk pembangunan di 2019 dikarenakan kondisinya kumuh sehingga perlu penataan. Dijelaskan Wahyu, renovasi pasar tradisional akan dilakukan secara bertahap. Pasalnya, banyak pasar tradisional di Kota Malang yang membutuhkan renovasi.

Renovasi pasar diharapkan bisa meningkatkan perekonomian. Pembeli akan senang datang ke pasar tradisional jika kondisi pasar nyaman dan bersih. Jika banyak pembeli datang ke pasar, maka akan berdampak langsung kepada pedagang.

Secara bertahap, lanjutnya, pasar tradisional yang sudah kumuh di Kota Malang akan dibenahi untuk menuju pasar sehat. Seluruh pasar tradisional pun nantinya akan dikonsep seperti Pasar Oro-Oro Dowo yang memang dikenal sebagai pasar sehat.

“Tentu Kota Malang ingin menambah lagi jumlah pasar serupa yang tentunya lebih bersih dan nyaman,” papar Wahyu.

Saat ini, Detail Engineering Design (DED) untuk Pasar Kasin dan Pasar Mergan sudah rampung dibuat. DED merupakan salah satu persyaratan yang harus dilampirkan untuk mengajukan proposal pembangunan ke pemerintah pusat. Wahyu berharap, nilai bantuan yang akan digelontorkan dari pusat nantinya sama dengan yang direncanakan.

"Saya lupa persisnya berapa nilai yang diajukan untuk masing-masing pasar. Tentunya tidak jauh dari Pasar Klojen atau Bunul," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved