Blitar

Percantik Istana Gebang Kota Blitar, Melalui DAK Direalisasi Anggaran Rp 1,7 Miliar

Begitu pembangunan selesai, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar akan menata pedagang dan lokasi parkir untuk becak wisata di Istana Gebang.

Percantik Istana Gebang Kota Blitar, Melalui DAK Direalisasi Anggaran Rp 1,7 Miliar
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kondisi pembangunan paving di areal parkir Istana Gebang, Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pembangunan paving di areal parkir Istana Gebang, Kota Blitar, ditargetkan selesai pertengahan Desember 2018. Begitu pembangunan selesai, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar akan menata pedagang dan lokasi parkir untuk becak wisata di Istana Gebang.

Kepala Bidang Pengelola Kawasan Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Heru Santoso mengatakaan, saat ini proses pembangunan sudah mencapai 90 persen. Proses pekerjaan tinggal finishing saja. Pemasangan paving di lahan parkir sudah beres.

"Tinggal pekerjaan finishing untuk kamar mandi dan saluran air saja. Pertengahan Desember 2018, pembangunan harus sudah selesai," kata Heru Santoso, Senin (5/11/2018).

Heru mengatakan setelah pembangunan selesai, dinas akan menata lokasi pedagang dan lokasi parkir becak wisata. Para pedagang di Istana Gebang ditata di sebelah barat. Baik pedagang kuliner dan souvenir semua berada di sebelah barat.

Saat ini, lokasi pedagang masih tidak seragam. Para pedagang kuliner berada di sebelah barat, sedangkan pedagang souvenir berada di sebelah timur. "Rencananya semua pedagang kami tata di sebelah barat biar terlihat rapi. Tahun depan, rencananya, kami akan membangunkan kios untuk pedagang souvenir," ujarnya.

Sedangkan lokasi parkir becak wisata yang mengantar pengunjung, kata Heru, akan ditaruh di lokasi paling utara. Harapannya, sebelum masuk ke halaman Istana Gebang, para pengunjung berjalan melewati stan pedagang kuliner dan pedagang souvenir di areal parkir.

Selain itu, pengunjung yang datang di bawah pukul 07.00 WIB, tidak bisa masuk dulu ke halaman Istana Gebang. Pengelola akan memasang pagar di pintu masuk ke Istana Gebang. Pengelola baru membuka pintu masuk mulai pukul 07.00 WIB. Saat ini, pengunjung bebas masuk ke halaman Istana Gebang kapan saja.

"Biasanya, sekitar pukul 06.30 WIB, pengunjung sudah mulai datang. Mereka biar di areal parkir dulu menikmati kuliner dan melihat-lihat souvenir. Baru pukul 07.00 WIB, pintu kami buka. Tapi, kalau mau ke toilet tetap bisa, lokasinya di areal parkir," katanya.

Sekadar diketahui, Pemkot Blitar membangun paving di areal parkir Istana Gebang tahun ini. Anggaran untuk pembangunan paving sekitar Rp 1,7 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat.
Anggaran itu tidak hanya untuk membangun paving areal parkir saja. Tetapi, anggaran itu juga untuk pembangunan saluran air, kamar mandi, dan taman di areal parkir. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved