Surabaya

VIDEO - Aquaponik di Surabaya, Teknik Mengubah Air Limbah jadi Air Bersih

Urban farming dengan teknik aquaponik ala Margerejo Sawah RT 1 RW 6. Teknik ini mampu membuat air limbah selokan, menjadi air yang bersih.

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Lantunan musik dangdut, berbagai macam gorengan, kopi, serta teh pokak menemani masa istirahat para warga RT 1 RW 6 Margorejo Sawah, Surabaya, Rabu (7/11/2018).

Beberapa perempuan tampak masih mengenakan kostum daur ulangnya yang berwarna-warni, lengkap dengan riasan di wajahnya.

Para warga ini tengah melepas penat usai mendapat kunjungan dari Kabupaten Bogor, dalam rangka edukasi lingkungan Kampung Ramah Lingkungan.

Meski Kota Pahlawan tengah panas-panasnya, tempat warga melepas penat ini justru terasa sejuk dengan banyaknya tanaman di sekitar, bersanding dengan suara gemericik air di sebuah kolam ikan.

"Ini bukan kolam ikan biasa, lho. Kolam ikan ini adalah bagian dari aquaponik, teknik urban farming kami," tutur Murdiyanto Hari Purnomo (55).

Ketua Seksi Kebersihan dan Lingkungan Margorejo Sawah tersebut mengatakan, ikan-ikan di dalam kolam itu berfungsi sebagai quality control.

Kualitas yang dijaga di kampung ini adalah air limbah mereka.

Rupanya, mereka tengah berupaya bagaimana caranya air limbah di selokan sebelah pos siskamling, mampu diolah menjadi iar bersih untuk menyiram tanaman dan cuci tangan.

"Kami ingin memanfaatkan air kolam untuk disirkulasi. Berbeda dengan hidroponik, kalau hidroponik kan kami sudah menyediakan air bersih, bagus, dan sudah diberi nutrisi. Kalau aquaponik, air dari sungai atau selokan seperti kami ini," ujarnya.

Di dalam selokan, Murdiyanto serta warga memasang kolam berisi ikan lele.

Halaman
123
Tags
Surabaya
Penulis: Delya Octovie
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved