Blitar

Rencana Relokasi Pedagang Pasar Legi Kota Blitar Batal Tahun Ini

Relokasi pedagang kemungkinan dilakukan pada awal 2019. Untuk tempat relokasi, sesuai permintaan pedagang berada di sekitar Pasar Legi

Rencana Relokasi Pedagang Pasar Legi Kota Blitar Batal Tahun Ini
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kondisi pedagang di kios sebelah selatan Pasar Legi yang akan direlokasi pada awal 2019. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pemkot Blitar batal merelokasi pedagang Pasar Legi akhir 2018 ini. Pemkot Blitar masih menunggu hasil amdal lalu lintas di tempat relokasi para pedagang.

"Relokasinya tidak jadi akhir tahun ini, kami masih menunggu hasil amdal lalin," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Arianto, Kamis (8/11/2018).

Arianto mengatakan, relokasi pedagang dilakukan pada awal 2019. Untuk tempat relokasi, sesuai permintaan pedagang berada di sekitar Pasar Legi. Tapi, untuk menentukan titik tempat relokasi, masih menunggu hasil amdal lalu lintas.

"Targetnya, relokasi sudah selesai pada Februari 2019. Supaya pembangunan bisa segera dimulai dan dalam jangka satu tahun pembangunan sudah selesai," ujar Arianto.

Soal rencana pembangunan Pasar Legi, kata Arianto, sekarang masih proses review detail engineering design (DED). Review DED itu masih menunggu hasil uji laboratorium peristiwa kebakaran pasar itu. "Kalau DED sudah jadi, kami akan memaparkan model pembangunan pasar itu," katanya.

Awalnya, Pemkot Blitar menjadwalkan proses relokasi pedagang Pasar Legi dilaksanakan pada Desember 2018. Relokasi pedagang merupakan bagian dari persiapan pembangunan Pasar Legi yang akan dimulai pada 2019.
Pemkot Blitar sudah mengalokasikan anggaran Rp 695 juta untuk merelokasi pedagang. Disperindag bersama DPUPR dan DPRD juga sempat mengecek ke lokasi untuk melihat kesiapan pedagang sebelum direlokasi pada September 2018.

Sekadar diketahui, Pasar Legi, Kota Blitar, terbakar pada 12 Juni 2016 atau sepekan setelah Lebaran. Jumlah kios dan los yang terbakar 1.772 unit dari total 2.200 unit.

Paska terbakar, aktivitas pasar lumpuh. Pemkot Blitar baru membangunkan tempat penampungan sementara untuk pedagang Januari 2017. Tempat penampungan sementara berada di areal parkir pasar.

Rencananya, Pemkot Blitar akan membangun Pasar Legi pada 2019. Pembangunan Pasar Legi menggunakan dana dari APBD Kota Blitar. Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekitar Rp 50 miliar untuk pembangunan Pasar Legi. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved