Malang Raya

Alat Peraga Kampanye (APK) Bandel Milik Caleg di Kota Batu Dicopot

Bawaslu Kota Batu mencopot Alat Peraga Kampanyer (APK) milik salah satu Caleg di beberapa titik di Kota Batu. Jumlah APK itu lumayan

Alat Peraga Kampanye (APK) Bandel Milik Caleg di Kota Batu Dicopot
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan tempatnya di beberapa titik, di Kota Batu, Jumat (9/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Bawaslu Kota Batu mencopot Alat Peraga Kampanyer (APK) milik salah satu Caleg di beberapa titik di Kota Batu. Jumlah APK itu lumayan, ada sekitar puluhan APK.

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman mengatakan, penertiban APK ini karena diadakan sendiri oleh Caleg itu sendiri dan tidak berkoordinasi dengan partai.

Rochman menyatakan, semua APK yang dipasang ini harus dari partai. Bukan dari perseorangan caleg itu.

"Tidak hanya itu saja, jadi setiap ada pemasangan APK kami berkoordinasi dengan partai. Jika partai itu tidak membalas maka kami berhak untuk mencopot APK tersebut," kata Rochman, saat dihubungi, Jumat (9/11/2018).

Ia menambahkan, APK ini berupa banner, baliho, stiker, spanduk. APK yang diambil itu ada di Jalan Ir Soekarno Desa Mojorejo, Jalan Ir Soekarno Desa Beji, Jalan Pandanrejo Desa Pandanrejo, Desa Giripurno, Desa Sidomulyo.

Rochman menambahkan APK yang melanggar itu juga karena tidak tepat pemasangannya. Seperti dipasang di pohon, tiang telepon, tiang listrik, fasilitas umum, dan lainnya.

"Melanggar yang lainnya juga, dipasang di tempat sekolah, fasum. Ketika tim Bawaslu di lapangan menemukan ada yang melanggar, kami bersurat ke KPU. Lalu dari KPU bersurat ke partai masing-masing. Apabila dari partai itu tidak mengirim surat balasan maka kami berhak mencopot APK tersebut," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada setiap caleg agar berkoordinasi dengan partai masing-masing apabila akan memasang APK. Tidak hanya itu setiap partai juga harus melaporkan pemasangan APK. Sejauh ini baru satu partai saja yang rutin mengirimkan pelaporan pemasangan APK.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved