Malang Raya

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Batu bertambah

Ketua KPU Kota Batu Saifuddin Zuhri mengatakan, setelah diteliti ternyata masih banyak penambahan dari pemilih baru dan juga pemilih yang belum masuk

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kota Batu bertambah
IST
Kota Batu 

SURYAMALANG.COM, BATU - Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Batu bertambah, yaitu dari 151.438 pemilih menjadi 153.738 pemilih. Jumlah itu setelah dilakukan pengecekan DPT Hasil Perbaikan (HP) kedua.

Ketua KPU Kota Batu Saifuddin Zuhri mengatakan, setelah diteliti ternyata masih banyak penambahan dari pemilih baru dan juga pemilih yang belum masuk dalam DPT.

Ia mengatakan kalau hasil itu juga dari Gerakan Melindungi Hak Pilih yang sudah digelar dalam satu bulan.

"Dari KPU melakukan pencemaran ulang, dan saat kami mengadakan GMHP muncullah disana ternyata banyak pemilih ganda, ada juga yang belum terdaftar dalam DPT," kata Saifuddin saat dihubungi seusai pleno di Hotel Purnama, Kota Batu, Senin (12/11/2018).

Dilakukan pengecekan ini untuk memastikan lagi apabila ada pemilih yang tidak memenuhi syarat, semisal meninggal dunia, telah terdaftar di daerah lain, dan sebagainya.

Untuk menetukan hasil DPT ini ada beberapa proses panjang.

Karena awalnya jumlah DPT Kota Batu yang digunakan saat Pilgub ada 148.773 pemilih, lalu saat bertambah menjadi 151.531 pemilih.

Setelah diteliti lagi, berjumlah 151.438 pemilih karena diketahui ada 93 orang menjadi pemilih ganda. Hingga pada akhirnya menjadi 151.738 pemilih di Kota Batu hasil dari DPT HP kedua.

Dengan rincian di Kecamatan Batu 70.165 pemilih, Kecamatan Bumiaji 45.775 pemilih dan, Kecamatan Junrejo 37.798 pemilih.

"Kebanyakan memang adanya pemilih pemula. Makanya kami terus memperbaiki data agar pemilih yang usianya 17 tahun sampai April 2019 bisa terdaftar sebagai DPT dan bisa menggunakan hak pilihnya," imbuh Syaifudin.

Hal itu dilakukan juga untuk mengantisipasi jumlah surat suara di setiap TPS. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Dispendukcapil untuk mendata pemilih yang berusia 17 tahun sampai April 2019.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved