Bisnis

Menteri BUMN: Tol Trans Jawa Selevel Eropa, Akan Dioperasikan Mulai Akhir 2018

Pemerintah terus menggenjot proyek pembangunan jalan tol yang menjadi jalur Trans-Jawa. Saat ini, jalur yang sudah tersambung mencapai 95 persen.

Menteri BUMN: Tol Trans Jawa Selevel Eropa, Akan Dioperasikan Mulai Akhir 2018
galih lintartika
Jalan tol Gempol - Pasuruan (Gempas) seksi 2. 

SURYAMALANG.COM, SEMARANG - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno mengaku sangat bahagia melihat perkembangan Tol Trans Jawa. Rini bahkan tak ragu menilai Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur itu punya kualitas jempolan sekelas jalan-jalan nasional di benua Eropa.

"Senang saya, karya BUMN (Tol Trans Jawa) selevel dengan Eropa," ujarnya di Kali Kenteng, Semarang, Senin (12/11/2018).

Hari ini Rini dan pejabat Kementerian BUMN serta para direktur utama BUMN menjelajahi Tol Trans Jawa. Start awal dimulai dari Gerbang Tol Waru Gunung, ruas tol Surabaya-Mojokerto. Di awal perjalanan, Rini sempat menumpang bus untuk menjajal jalan yang menghubungkan Merak-Surabaya itu.

Namun, di tengah jalan, ia pindah ke mobil yang lebih kecil. "Tadi awalnya saya naik bus terus pindah ke mobil kecil. Pak Suprajarto (Direktur Utama BRI) bilang, 'Bu sini saya supirin. Kalau ke Eropa saya biasa nyetir'," ujar Rini menirukan kata-kata Suprajarto.

"Kata dia, enggak kalah kita sama Autobahn di Jerman. Senang saya, karya BUMN sudah selevel dengan Eropa," sambung dia sembari tersenyum lebar.

Saat ini, pemerintah terus menggenjot proyek pembangunan jalan tol yang menjadi jalur Trans-Jawa. Saat ini, jalur yang sudah tersambung mencapai 95 persen. Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan, pihaknya menargetkan Merak-Probolinggo bisa tersambung pada akhir November 2018.

Setelah uji kelaikan, diharapkan Tol Trans Jawa sudah bisa dioperasikan pada Desember 2018 sehingga bisa dilalui oleh masyarakat saat liburan Natal dan tahun baru. Nantinya Tol Trans Jawa akan memiliki panjang 1.150 km yang membentangdari Merak hingga Banyuwangi. Akan tetapi, pemerintah baru memastikan Merak-Probolinggo bisa rampung pada tahun ini.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved