Malang Raya

Pemkot Batu Datangi Rumah Warga Penyandang Disabilitas untuk Perekaman e-KTP

Pemkot Batu mendatangi keluarga Ernawati di Kecamatan Junrejo, di sana ada adik kandung yang memiliki keterbatasan untuk dilakukan perekaman e-KTP

Pemkot Batu Datangi Rumah Warga Penyandang Disabilitas untuk Perekaman e-KTP
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Proses perekaman e-KTP di rumah warga yang menyandang disabilitas oleh Dispendukcapil Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu jemput bola untuk membantu warganya yang memiliki keterbatasan untuk mengurus perekaman e-KTP.

Pemkot Batu mendatangi keluarga Ernawati di Kecamatan Junrejo, di sana ada adik kandung yang memiliki keterbatasan untuk dilakukan perekaman e-KTP.

Tentu dengan adanya pelayanan jemput bola yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu ini merasa sangat terbantu.

Walaupun saat melakukan perekaman pada sidik jari dan iris mata harus dilakukan berulang kali oleh Yuliani karena beberapa kali sidik jari tidak terdeteksi.

Ernawati mengatakan sudah lama ia ingin mengajak adiknya untuk ke kantor Dispendukcapil, tetapi karena keterbatasan ia tidak bisa mengajak adiknya untuk perekaman e-KTP.

"Alhamdulillah kalau ada bantuan bisa didatangi ke rumah buat perekaman. Ini pertama kalinya adik saya perekaman e-KTP," kata Erna, Selasa (13/11).

Persyaratan yang dibutuhkan juga tidak terlalu menyulitkan bagi penyandang disabilitas, seperti kartu keluarga, KTP salah satu anggota keluarga dan lainnya.

Ia berharap bantuan jemput bola seperti ini bisa meringankan beban dari yang memiliki keterbatasan.

"Pelayanannya cukup sekali saja, jadi mereka datang ke rumah, buat perekaman. Kalau semisal kartunya belum jadi, salah satu anggota keluarga bisa ambil di kantor. Sangat membantu mbak," ungkapnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Retno warga kelurahan Ngaglik. Ia bercerita, eyangnya yang sudah berusia 70 tahun ke atas, tidak bisa melakukan aktivitas di luar rumah. Beberapa waktu lalu juga sudah didatangi oleh pihak Dispendukcapil.

"Saya harapnya tidak hanya perekaman e-KTP saja, tetapi pelayanan yang lain. Seperti pelayanan yang membutuhkan kehadiran langsung, lalu bantuan," kata dia. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved