Malang Raya

Puskesmas Sisir Kota Batu Raih Peringkat 3 Kategori Puskesmas Terbersih se-Jawa Timur

Puskesmas Sisir meraih peringkat tiga karena penilaian beberapa kategori. Yaitu masalah air di selokan, di kamar mandi, dan di Ipal

Puskesmas Sisir Kota Batu Raih Peringkat 3 Kategori Puskesmas Terbersih se-Jawa Timur
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kepala Puskesmas Kota Batu (kiri) menunjukkan kolam di Ipal Puskesmas Sisir yang diberi tanaman, Kamis (15/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kota Batu'>Puskesmas Sisir Kota Batu berhasil mendapatkan peringkat 3 Puskesmas terbersih se-Jawa Timur. Setelah sebelumnya masuk dalam tiga nominasi bersama Puskesmas Kabupaten Ngawi dan Puskesmas Kabupaten Kediri.

Puskesmas Sisir meraih peringkat tiga karena penilaian beberapa kategori. Yaitu masalah air di selokan, di kamar mandi, dan di Ipal. Lalu masalah kenyamanan pasien, di Puskesmas Sisir ini pelayanan imunisasi dipisah dari pelayanan umum.

Penataan ruang pelayanan ini dilakukan agar pasien tidak terlalu bertumpuk-tumpuk di satu tempat. Kepala Puskesmas Sisir Yongki Orris mengatakan saat melayani imunisasi harus steril.

"Itu suatu bentuk pelayanan kami untuk pasien. Nah di ruang imunisasi itu juga ada ruang untuk bermain, dan ruang ibu menyusui," kata Yongki saat ditemui di Puskesmas Sisir, Kamis (15/11/2018).

Selain itu, ia menjelaskan, Ipal juga tidak sekadar Ipal. Pihaknya menghias Ipal itu secantik mungkin, agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap ketika cairan limbah dibuang. Di sekitar ipal itu ada tanaman yang menghiasi kolam ipal. Tidak hanya itu penataan ipal juga ditata dengan sebagus mungkin.

Bahkan ada ikan di salah satu kolam untuk memakan bakteri yang hidup dari proses Ipal.

"Biasanya ipal kan ditaruh di belakang, dan tidak terawat. Tetapi kami tidak seperti itu, kami hias semenarik mungkin, dan kami juga memastikan kalau ipal kami berfungsi dengan baik," imbuhnya.

Selain itu, ia juga menerapkan aturan Clean Table Policy, yaitu setiap pegawai di Puskesmas Sisir saat selesai bekerja meja harus dalam keadaan bersih.

Tidak ada buku atau berkas apapun di atas meja. Ia yang pernah ditempatkan di puskesmas Bumiaji ini menjelaskan kalau aturan itu agar keesokan harinya siap bekerja.

Di Puskesmas Sisir ini ada beberapa pelayanan, seperti Poli Umum, Poli Gigi, Unit Gawat Darurat, Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) mulai dari ibu hamil anak baru lahir sampai usia dibawah lima tahun.

Ia menyebutkan rata-rata puskesmas Sisir melayani pasien berobat. "Rata-rata secara keseluruhan perhari minimal 50 pasien. Paling banyak saat musiman, semisal masuk sekolah banyak orang tua pasien yang memeriksakan anaknya ke puskesmas. Lalu saat imunisasi juga," imbuhnya.

Lanny Eka salah satu pasien yang memeriksakan anaknya imunisasi menilai pelayanan Puskesmas di sini sudah cukup baik. Apalagi untuk ruang pelayanan imunisasi.

"Saya nilai cukup baik. Karena memang seharusnya pelayanan imunisasi jauh dari pelayanan pasien yang sakit. Dan juga di sini ada tempat bermain, jadi ketika anak saya masuk, lihat mainan tidak tegang," kata dia.

Ia berharap ke depan pelayanan puskesmas jauh lebih baik lagi. Agar memberikan kenyamanan kepada pasien.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved