Cara Atasi Kekurangan Tenaga Guru, Dindik Surabaya Merger 18 Sekolah Jadi 9 SD, Kaseknya Jadi Guru

Terhadap masalah ini Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya melakukan terobosan dengan merger sejumlah sekolah dasar.

Cara Atasi Kekurangan Tenaga Guru, Dindik Surabaya Merger 18 Sekolah Jadi 9 SD, Kaseknya Jadi Guru
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
foto ilustrasi: Proses pembelajaran di sekolah dasar. 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Kekurangan tenaga pendidikan di Kota Surabaya masih terasa dampaknya. Terhadap masalah ini Dinas Pendidikan (Dindik)  melakukan terobosan dengan merger sejumlah sekolah dasar.

Sampai akhir tahun ini, Pemkot Surabaya lewat Dindik telah memerger 18 sekolah sekolah darsar dijadikan sembilan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Iksan mengatakan alasan merger SD ini memang lebih banyak lantaran kekurangan tenaga pendidik.

"Kalau ada merger, kepala sekolah yang sudah tidak menjabat bisa digunakan untuk menambal kekurangan guru," kata Iksan, yang diwawancara di Grand City, Jumat (16/11/2018).

Selain itu, dengan melakukan merger sekolah pemenuhan fasilitas kependidikan pada siswa dikatakan Iksan juga lebih bisa maksimal dirasakan siswa.

Misalnya, sekolah yang dulunya berada di satu komplek dan berhimpitan, ketika sudah dimerger, gedung yang tidak terpakai bisa dirobohkan.

Dengan adanya lahan yang luas, maka bisa digunakan untuk pembangunan lapangan dan sarana olahraga. Sehingga para siswa bisa memiliki ruang gerak yang cukup untuk eksplorasi diri.

Lebih lanjut Iksan mengatakan langkah merger ini terpaksa dilakukan lantaran belum adanya perekrutan tenaga pendidik.

Baru tahun ini, dalam seleksi CPNS, Pemkot Surabaya membuka lowongan sebanyak 344 tenaga pendidik untuk memenuhu kebutuhan guru di sekolah SD dan SMP.

"Total sampai saat ini kita sudah merger banyak sekolah. Sekarang sekolah SD kita jumlahnya 309 sekolah, padahal dulu sebanyak 653 sekolah," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved