Berita Surabaya

Konferwil Ansor Jatim Diundur Tahun Depan, Nama Gus Abit Menguat sebagai Kandidat Ketua

Berdasarkan penjelasan Ketua PW GP Ansor Jatim, Sholahul Aam Notobuwono, Konferwil dilaksanakan pada April 2019.

Konferwil Ansor Jatim Diundur Tahun Depan, Nama Gus Abit Menguat sebagai Kandidat Ketua
surya.co.id/bobby constantine koloway
Mohammad Abid Umar Faruq (Gus Abid). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Konferensi Wilayah (Konferwil) Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur diundur tahun depan. Berdasarkan penjelasan Ketua PW GP Ansor Jatim, Sholahul Aam Notobuwono, Konferwil  dilaksanakan pada April 2019.

"Berdasarkan penjelasan Pimpinan Pusat (PP GP Ansor), kami diminta memperpanjang hingga bulan April. Tepatnya setelah Harlah Ansor," kata Gus Aam ketika ditemui di jurnalis di Surabaya, Jumat (16/11/2018).

Gus Aam membantah bahwa pengunduran waktu tersebut mempertimbangkan waktu pemilu (pemilihan legislatif dan pemilihan presiden) yang serentak pada 17 April 2019.

Menurutnya, putusan ini mempertimbangkan pada Harlah GP Ansor diperingati setiap tanggal 24 April. "Kemungkinan Konferwil akan dilaksanakan tak jauh setelah harlah," tandasnya.

"Sekali lagi, kami bukan mempertimbangkan pemilu, melainkan internal Ansor. Jadi dalam rangkaian harlah GP Ansor Jatim," lanjut Gus Aam.

Selain itu, langkah pengunduran tersebut diharapkan dapat menyolidkan Ansor termasuk Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

"Hal ini termasuk dalam beberapa pertimbangan dari PP," katanya.

Sementara itu, Gus Aam menegaskan tak akan mencalonkan diri sebagai kandidat Ketua Ansor dalam Konferwil tersebut. Sebab, pihaknya tak memenuhi syarat batas usia yang maksimal berada di 40 tahun saat pencalonan.

"Saya kelebihan enam bulan saat pencalonan, sehingga tak maju," kata Gus Aam.

Sedang salah satu kandidat terkuat muncul nama ketua adalah Mohammad Abid Umar Faruq alias Gus Abit. Gus Abid kini menjabat sebagai Sekretaris PW GP Ansor Jatim.

Sejumlah pimpinan cabang pun telah mengusulkan nama Cucu KH Zainuddin Djazuli, Pengasuh Pondok Pesantren Al Falah, Ploso Kediri ini. Dikonfirmasi terpisah, Gus Abid pun tak memungkiri adanya kabar tersebut.

"Memang, kami sudah menjlain komunikasi baik secara formal maupun informal dengan beberapa pengurus cabang di Jatim. Dari situ ada dorongan yang besar untuk kepada kami untuk mencalonkan," kata Gus Abid.

Pihaknya pun tak memungkiri untuk membuka kemungkinan mencalonkan diri di organisasi kepemudaan milih Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur ini. "Kami akan pikir-pikir terlebih dahulu," katanya.

Pengunduran Konferwil kali ini merupakan pengunduran kali ketiga. Sebelumnya, kepemimpinan Rudi Tri Wahid yang selesai pada 25 Desember 2017 silam, diperpanjang hingga pasca pemilihan gubernur Jatim, 27 Juni 2018.

Namun, pada Februari 2018 silam, Rudi mengundurkan diri. Sehingga, rencananya Konferwil akan dilaksanakan pada November tahun ini. Namun, pada akhirnya ditunda kembali hingga April mendatang.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved