Bisnis

Nilai Tukar Rupiah Akhir Pekan Menguat Rp 14.612 Per Dollar AS

Kenaikan bunga acuan Bank Indonesia yang mengejutkan kemarin, masih menjadi tenaga bagi penguatan rupiah hari ini.

Nilai Tukar Rupiah Akhir Pekan Menguat Rp 14.612 Per Dollar AS
Nilai Tukar Rupiah Menguat 

SURYAMALANG.COM,  JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot, Jumat (16/11) pukul 15:59 WIB, rupiah diperdagangkan dengan kurs Rp 14.612 per dollar AS. Sedangkan kemarin di Rp 14.665 per dollar AS. Kenaikan bunga acuan Bank Indonesia yang mengejutkan kemarin, masih menjadi tenaga bagi penguatan rupiah akhir pekan ini. 

Kemarin, BI menaikkan bunga 25 basis poin menjadi 6 persen, langkah yang tidak banyak diprediksi pasar. Pasalnya, kenaikan bunga acuan 7-day reverse repo rate dalam tahun ini, biasanya dilakukan BI sebagai respons kenaikan bunga AS oleh The Fed untuk menjaga rupiah. 

Aksi curi start BI ini diapresisasi pasar. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan, kenaikan bunga untuk menjaga daya tarik aset keuangan domestik dan menjaga neraca transaksi berjalan (CAD) di bawah target 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2018. 

BI menaikkan bunga di hari yang sama setelah pemerintah lewat Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan defisit neraca perdagangan Oktober melebar hingga US$ 1,82 miliar, melampaui ekspektasi pasar US$ 300 juta - US$ 600 juta. 

Di pasar antarbank tadi pagi, BI juga mencatat ada penguatan rupiah 1,15 persen menjadi Rp 14.594 per dollar AS. Padahal, menurut Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), kurs rupiah antarbank kemarin masih di Rp 14.764 per dollar AS. 

Selain menaikkan bunga, BI juga menggelar lelang domestic-non deliverable forward (DNDF) sejak awal November. Dari dua kali lelang, BI memenangkan US$ 73 juta dan US$ 37 juta. 

Selasa depan, pemerintah juga akan menjaring dana segar ke pasar utang, dengan menggelar lelang Surat Utang Negara (SUN) pada Rabu (21/11) dengan target perolehan Rp 10 triliun - Rp 20 triliun.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved