Blitar

Konsolidasi Dengan DPD, DPW Partai Nasdem Jatim Targetkan 10 Kursi Di Kabupaten Blitar

Konsolidasi itu untuk persiapan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2019.

Konsolidasi Dengan DPD, DPW Partai Nasdem Jatim Targetkan 10 Kursi Di Kabupaten Blitar
suryamalang.com/Samsul Hadi
Sejumlah caleg dan pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Blitar sebelum mengikuti konsolidasi dengan DPW Partai Nasdem Jatim, Sabtu (17/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Pengurus DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Jatim melakukan konsolidasi dengan para calon legislatif (caleg) di Blitar Raya, Sabtu (17/11/2018). Konsolidasi ini untuk persiapan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) pada 2019.

Acara tersebut dihadiri Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi, Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Bidang Media dan Komunikasi Publik, Albert Pieter Lasut, serta sejumlah caleg Partai Nasdem dan pengurus DPD Nasdem di kota/kabupaten, provinsi, dan pusat.

"Acara ini juga untuk mengenalkan Partai Nasdem ke masyarakat. Kami sudah keliling di 14 kota/kabupaten di Jatim, untuk Blitar ini yang ke-15," kata Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi atau yang akrab disapa Bunda Jeannette.

Dia mengatakan, Partai Nasdem menargetkan menjadi partai besar pada pemilu 2019. Target itu untuk mewujudkan gerakan perubahan di Indonesia yang digagas Partai Nasdem. Untuk mewujudkan gerakan perubahan itu, Partai Nasdem harus menjadi besar dan memiliki anggota legislatif yang berkompeten.

"Kami ingin menciptakan adat baru berpolitik di Indonesia, yaitu, politik yang mengedepankan kepentingan masyarakat," ujarnya.

Salah satu contoh langkah yang dilakukan Partai Nasdem untuk menciptakan adat politik baru, yaitu, politik tanpa mahar. Partai Nasdem tidak ingin ada politik mahar. Politik mahar ini yang akan membebani pejabat dalam mengambil kebijakan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat.

"Untuk mewujudkan politik tanpa mahar ini Nasdem harus bisa mengusung calon sediri di pilkada. Contoh di Kabupaten Blitar jumlah kursi DPRD ada 50. Untuk bisa mengusung calon kepala daerah sendiri minimal punya 10 kursi. Berarti Nasdem harus merebut jumlah kursi itu agar bisa mengusung calon sendiri yang kompeten," katanya.

Untuk itu, kata Jeannette, pada Pileg 2019, Nasdem memasang target tinggi di tiap dapil. Misalnya, saat ini, di DPRD Kabupaten Blitar, Nasdem memiliki tiga kursi. Pada Pileg 2019, Nasdem menargetkan dapat 10 kursi di DPRD Kabupaten Blitar.

Lalu, untuk DPRD Kota Blitar sekarang Nasdem baru punya satu kursi. Pileg tahun depan, Nasdem menargetkan dapat tiga kursi di DPRD Kota Blitar. Sedangkan untuk DPRD Provinsi Jatim di Dapil 7 (Blitar-Tulungagung), saat ini Nasdem belum mendapatkan kursi.

Pada Pileg 2019, Nasdem menargetkan dapat dua kursi di DPRD Provinsi Jatim untuk Dapil 7. Untuk DPR RI Dapil 6 yang meliputi Blitar, Kediri, dan Tulungagung, Nasdem menargetkan dapat dua kursi pada Pileg 2019. Sekarang Nasdem baru punya satu kursi di DPR RI Dapil 6.

"Konsolidasi ini merupakan bagian persiapan kami untuk mewujudkan target itu," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved