Advertorial

Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Sutiaji Ajak Warga Kota Malang Hidup Sehat

Wali Kota Malang, Sutiaji, didampingi Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, hadir memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional

Peringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Sutiaji Ajak Warga Kota Malang Hidup Sehat
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Wali Kota Malang, Sutiaji memberikan sambutan dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Lapangan Rampal, Kota Malang, Sabtu (17/11/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Wali Kota Malang, Sutiaji, didampingi Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, hadir memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Sabtu, (17/11/2018).

Ribuan peserta yang berasal dari lima kecamatan di Kota Malang turut serta memeriahkan acara tersebut.

Pesera didominiasi oleh ibu-ibu. Kegiatan yang berlangsung sejak pagi itu diakhiri dengan acara senam bersama. Sutiaji dan Edi ikut serta senam bersama para ibu-ibu yang hadir.

“Kenapa saat ini dilakukan di Rampal karena pesertanya cukup bagus. Kok tidak seperti biasanya? Karena hari ini yang menjadi ketua panitia adalah Unitri. Ini menunjukkan kalau Pemkot Malang kolaboratif. Kami hanya mendukung dan memfasilitasi. Tumbuh Kembang dari bawah sangat penting. Hari ini teruji, masyarakat semangat,” ujarnya, Sabtu (17/11/2018). 

Dalam momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional itu, Sutiaji mengajak masyarakat Kota Malang menjaga kebersihan dan kesehatan. Menurutnya, keluarga memiliki peran penting mendidik anak-anak untuk menjaga perilaku bersih dan sehat.

Bahkan katanya, upaya untuk menciptakan Kota Malang sebagai kota yang sehat butuh peran aktif keluarga. Pemkot Malang saat ini juga tengah berupaya memerangi Open Defecation Free (ODF) atau Tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Hanya satu, kita masih perang dengan ODF kita. Kita tahu kalau Kota Malang ada 608 Ha di sempadan sungai. Itu Menjadi persoalan tersendiri,” katanya.. Menunju ke 100 0 100 pada 2019.

“Sehat menjadi sesuatu yang dominan. Apalagi kesehatan menjadi tugas wajib Pemerintah Kota Malang. APBN dan APBD juga mengamanatkan 10 persen untuk kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Asih Tri Rachmi Nuswantari menambahkan, senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diikuti sekitar 2000 penggiat kesehatan mulai dari kader Posyandu, kader Kesehatan dan institusi Kesehatan.

“Semua ikut memiliki kewajiban untuk menjadi sehat,” katanya.

Asih juga menjelaskan bahwa acara tersebut tidak sekadar seremonial semata. Ia mendorong agar masyarakat Kota Malang rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.

“Makanya, tema HKN kali ini adalah Sehat Dimulai Dari Kita,” ujarnya.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved