Bisnis

Nilai Tukar Rupiah Melemah Posisi Rp 14.608 Per Dollar AS

Aksi jual aset di negara berkembang terjadi di tengah kekhawatiran pasar akan perang dagang global dan sinyal pelambatan ekonomi.

Nilai Tukar Rupiah Melemah Posisi Rp 14.608 Per Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai tukar Rupiah melemah 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Seiring langkah investor yang mengamankan dananya dari aset lebih berisiko, kurs rupiah melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) pada Rabu pagi (21/11).  Mengutip Bloomberg, rupiah diperdagangkan di Rp 14.608 per dollar AS di pasar spot pukul 10:32 WIB. 

Sementara pada perdagangan sebelumnya, Senin (19/11), rupiah masih berada di level cukup kuat di Rp 14.588 per dollar AS. 

Rupiah tercatat melemah 0,14 persen pada perdagangan pagi ini, sementara selama lima hari sebelumnya mengumpulkan penguatan 1,5 persen.

Kurs acuan di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) juga menunjukkan pelemahan rupiah. Pairing USD/IDR di posisi Rp 14.618 per dollar AS, sedangkan pada Senin pasangan kurs ini masih di posisi Rp 14.586 per dollar AS.

Aksi jual aset di negara berkembang terjadi di tengah kekhawatiran pasar akan perang dagang global dan sinyal pelambatan ekonomi. Sedangkan dampak pengetatan kebijakan moneter AS yang juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masih berlanjut di tahun 2019. 

Seiring dengan pelemahan rupiah, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun 0,79 persen pada pukul 11:00 WIB.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved