Kabar Jakarta

Jokowi: Tol Jakarta-Surabaya Segera Tersambung Penuh, Tol Ngawi-Solo Delapan Hari Digratiskan

Jokowi meminta Kepala Daerah untuk memanfaatkan sepenuhnya jalan Tol agar terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata di daerah masing-masing.

Jokowi: Tol Jakarta-Surabaya Segera Tersambung Penuh, Tol Ngawi-Solo Delapan Hari Digratiskan
SURYAMALANG.COM/Rahadian Bagus
Kondisi prsiapan terakhir Tol Ngawi 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Jalan tol Solo-Ngawi segmen Sragen-Ngawi dengan panjang 51 Km diresmikan Presiden Joko Widodo ( Jokowi), Rabu (28/11/2018). Dengan demikian, jalan tol Solo-Ngawi dengan panjang 90,43 Km saat ini sudah resmi beroperasi penuh.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, sesaat lagi akses tol dari Jakarta menuju Surabaya akan tersambung penuh. Hanya tinggal beberapa lagi yang masih terus dikerjakan.

"Ini artinya sebentar lagi dari Jakarta hingga Surabaya di akhir tahun Insya Allah sudah tersambung semuanya. Masih ada beberapa yang kurang, seperti Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Solo, dan Wilangan-Kertosono yang ditargetkan selesai pada akhir Desember 2018," ucap Jokowi dalam siran resmi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Rabu (28/11/2018).

Jalan Tol Solo-Ngawi resmi beroperasi Dengan tersambungnya akses darat dari Jakarta ke Surabaya, Jokowi berharap, bila tol tersebut bukan hanya menjadi sebuah sarana akese sebagai jalan tol saja. Pria yang sedang gemar mengendari motor kustom ini meminta Kepala Daerah untuk memanfaatkan sepenuhnya agar terintegrasi dengan kawasan industri dan pariwisata.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), David Wijayatno mengungkapkan hal senada. David berharap, dengan pengoperasian penuh jalan Tol Solo-Ngawi bisa menjadi upaya memecah masalah transportasi darat dan memberikan dampak positif bagi ekonomi kawasan secara umum.

"Dengan beroperasi penuh, Jalan Tol Solo-Ngawi dapat memangkas waktu tempuh dari yang semula 3 jam dengan menggunakan jalur yang ada, menjadi 1,5 jam. Selain itu diharapkan dapat membuka akses-akses wilayah sepanjang Sragen hingga Ngawi serta meningkatkan perekonomian daerah, salah satunya memberikan kemudahan akses ke destinasi iwisata,” ujar David.

David menambahakan akses Solo-Ngawi saat ini sudah bisa digunakan, bahkan JSN belum mengenakan tarif karena masih dalam tahap sosialisasi. Namun mulai 6 Desember 2018, tepat pukul 00.00 WIB sudah langsung diberlakukan tarif dengan sistem pembayaran uang elektronik.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved