Kota Batu

OJK Sasar Bank Wakaf Mikro di Kota Batu

Kota Batu menjadi satu di antara daerah di Jatim yang selanjutnya akan diusulkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Bank Wakaf Mikro.

OJK Sasar Bank Wakaf Mikro di Kota Batu
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Cangkrukan Bersama Media Jatim tentang Kaleidoskop OJK KR4 2018 dan Outlock Kebijakan OJK 2019 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Kota Batu menjadi satu di antara daerah di Jatim yang selanjutnya akan diusulkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki Bank Wakaf Mikro.

Karena di Kota Batu mayoritas penduduknya beragama muslim dan memiliki peluang usaha besar, terutama dikalangan masyarakat dengan ekonomi rendah.

Bank Wakaf Mikro ini merupakan sebuah Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang berfokus pada pembiayaan masyarakat kecil dan dikelola oleh Pondok Pesantren.

Bank Wakaf Mikro ini nantinya bisa menjadi salah satu solusi dalam menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal.

Lembaga keuangan formal itu seperti bank, dan perkreditan lainnya yang sulit memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan ekonomi rendah.

Heru Cahyono Kepala OJK Regional 4 mengatakan di Kota Batu bisa untuk memiliki Bank Wakaf Mikro, asalkan disekitar pondok pesantren itu memiliki potensi usaha.

“Bisa selama di Jatim karena mayoritas penduduknya muslim ya, pasti memiliki peluang.”

“Nah tinggal melihat di sekitar pondok pesantren itu apakah ada usaha kecil yang bisa dikembangkan,” kata Heru saat cangkrukan bersama media Jatim tentang Kaleidoskop OJK KR4 2018 dan Outlock Kebijakan OJK 2019, di The Onsen Hot Spring Resort, Batu, Rabu (28/11/2018) malam.

Heru menyebutkan pondok pesantren yang bisa mengelola Bank Wakaf Mikro dilihat juga dari kemampuan pondok pesantren itu, apakah sanggup mengelola wakaf agar bisa komitmen dan disiplin.

Lalu di sekitar pondok pesantren apakah ada usaha kecil yang bisa dikembangkan, agar ada donatur yang bersedia memberikan pinjaman dalam bentuk bantuan dana khusus melalui Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Syariah Mandiri.

Halaman
123
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved