Malang Raya

Pemkot Malang Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Wali Kota Malang Sutiaji mendorong geliat ekonomi syariah di Kota Malang. Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang bahkan secara tidak langsung edukasi warga

Pemkot Malang Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah
benni indo
Wali Kota Malang Sutiaji. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Wali Kota Malang Sutiaji mendorong geliat ekonomi syariah di Kota Malang. Sutiaji mengatakan, Pemkot Malang bahkan secara tidak langsung telah mengedukasi masyarakat terkait ekonomi syariah.

Yaitu dengan dibuatnya konsep pasar halal dan wisata syariah. Hal itu ditegaskan Sutiaji ketika menghadiri ajang Road to Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 yang diinisiasi Bank Indonesia (BI) di Malang Town Square, Sabtu (1/12/2018).

“Perbankan syariah itu kan masih tahap awal, dan yang disampaikan ada batas margin, sebetulnya mengadopsi dari konvensional. Pelan-pelan harus dimulai,” ujar Sutiaji.

Menurut Sutiaji, jumlah perbankan syariah di Kota Malang juga sudah banyak. Ia menegaskan, syariah itu tujuannya tidak ada monopoli kepemilikan. Jadi tidak ada pihak yang memiliki tanggungan seperti hutang.

“Jadi bukanlah hutang, orang non muslim memanfaatkan jasa itu juga sah sah saja,” paparnya.

Ia juga menjelaskan kalau tingkat inklusi bank syariah di Kota Malang masih rendah. Angkanya masih di bawah 5 persen.

“Sementara inklusi bank konvensional sudah mendekati 70 persen. Kalau literasinya, syariah itu tinggi, tapi inklusinya lemah,” paparnya. Orang yang mengetahui bank syariah.

Sutiaji menambahkan, Pemkot Malang berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi syariah. Namun, Sutiaji juga menegaskan agar perbankan konvensional tidak merasa tersaingi.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bidang Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia (BI) Malang, Jaka Setiawan menjelaskan, ekonomi syariah jadi topik perbincangan karena potensi sumber ekonomi global.

Menurutnya ada empat nilai penting yakni nilai atau aspek kepemilikan, pertumbuhan yang seimbang, setiap usaha mengandung unsur keadilan, dan bekerjasama dengan kebajikan.

“Untuk mendorong ekonomi syariah, Bank Indonesia juga membentuk Komite Nasional Keuangan Syariah,” jelasnya.

Acara Road to Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu. Dalam acara itu, 11 perbankan syariah di Kota Malang ikut memeriahkan kegiatan.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved