Malang Raya

Warga Kota Malang Kalau Butuh Ambulans Tinggal Klik

Dinas Kesehatan Kota Malang mewacanakan pelayanan digital pemanggilan mobil ambulans di tahun 2019.

Warga Kota Malang Kalau Butuh Ambulans Tinggal Klik
benni indo
Dua petugas PMI Kota Malang berada di depan ambulans yang siap siaga melayani masyarakat. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Kesehatan Kota Malang mewacanakan pelayanan digital pemanggilan mobil ambulans di tahun 2019.

Pada 2019 mendatang, Dinkes Kota Malang berencana memperkenalkan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memanggil ambulans. Siapapun yang membutuhkan ambulans hanya butuh melakukan satu kali klik saja nantinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Asih Tri Rachmi Nuswantari mengatakan kalau aplikasi yang belum ditentukan namanya itu diharapkan bisa banyak membantu masyarakat yang membutuhkan ambulans. Pasalnya, setiap orang yang membutuhkan ambulans artinya juga membutuhkan pertolongan yang segar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi Nuswantari.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Asih Tri Rachmi Nuswantari. (benni indo)

Untuk merealisasikan wacana itu, Dinkes Kota Malang sudah melakukan inventarisir sejumlah rumah sakit dan klinik di Kota Malang yang memiliki ambulans. Diterangkan Asih, sejumlah klinik dan RS sudah mengutarakan kesiapannya bekerjasama dengan Dinkes Kota Malang untuk memberikan pelayanan kapada masyarakat melalui sebuah aplikasi.

“Ambulan tahun depan dapat dipanggil hanya menggunakan aplikasi. Jika sekarang layanan tersebur dapat diakses menggunakan panggilan telepon, maka ke depan akan lebih praktis menggunakan aplikasi saja,” jelasnya.

Saat ini, layanan ambulans gratis bernama Public Safety Center (PSC) 119. Lebih lanjut Asih menjelaskan, ambulans gratis yang berada dalam aplikasi tersebut harapannya dapat dipanggil layaknya taksi online yang ada seperti sekarang.

Ditambah layanan GPS, ambulans dapat segera meluncur menyesuaikan jarak dan lokasi terdekat kepada pemanggil.

"Ketika ada GPS, akan lebih mudah dan ambulans yang paling dekat dari lokasi pemanggilan," jelasnya.

Dalam tahap awal, baru dua mobil ambulans yang bisa digunakan pada 2019 mendatang. Namun secara bertahap, akan ditambah sesuai kebutuhan. Ada tiga mobil ambulans gratis PSC yang sudah dioperasikan saat ini.

Lebih jauh Asih menjelaskan, aplikasi tersebut nantinya akan terkoneksi dengan program Smart City milik Pemerintah Kota Malang. Dengan begitu, sistem layanan di Kota Malang ini akan lebih mengedepankan pada sistem layanan pintar yang banyak memudahkan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved