Kabar Blitar

KPU Mulai Teliti Data Pemilih TKI Asal Kota Blitar

Jumlah data pemilih TKI asal Kota Blita sebanyak 727 orang. Data pemilih TKI asal Kota Blitar itu berasal dari KPU pusat.

KPU Mulai Teliti Data Pemilih TKI Asal Kota Blitar
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Ilustrasi Pemilu 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar sedang mencermati data pemilih Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Blitar yang menjadi peserta Pemilu 2019. Data pemilih TKI itu merupakan kiriman dari KPU RI.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan, pihaknya sudah menerima data pemilih TKI asal Kota Blitar dari KPU pusat. Jumlah data pemilih TKI asal Kota Blita sebanyak 727 orang. KPU pusat meminta KPU Kota Blitar untuk mencermati data pemilih TKI.

"Data pemilih TKI ini kami sandingkan dengan data DPTHP 2 untuk dicermati," kata Umam, Rabu (5/12/2018).

Data pemilih TKI tidak masuk ke daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) 2. KPU meneliti lagi data DPTHP 2. Kalau ditemukan data pemilih TKI di data DPHTP 2, maka KPU Kota Blitar harus mencoretnya.

"Kalau ada data pemilih TKI yang masuk di DPTHP 2 akan kami coret. Pemilih TKI tidak masuk ke DPT," ujarnya.

KPU Kota Blitar juga mengecek ulang data pemilih TKI. KPU turun langsung ke lapangan untuk memastikan apakah TKI itu masih di luar negeri atau sudah pulang ke kampung halamannya. "Kalau sudah pulang berarti mereka bisa dicoret dari data pemilih TKI dan dimasukan ke DPT," katanya.

Selain itu, KPU juga sedang mencermati data pemilih ganda dan pemilih invalid di DPTHP 2. Berdasarkan data dari KPU pusat, jumlah pemilih ganda dan pemilih invalid di Kota Blitar lumayan banyak. Tetapi, setelah dilakukan pengecekan ulang, data pemilih ganda dan pemilih invalid sudah berkurang banyak.

"Sekarang data pemilih ganda dan pemilih invalid tidak sampai 50 orang. Tapi masih kami teliti lagi. Rencananya, pada 7 Desember 2018 kami akan mengadakan pleno hasil pencermatan DPTHP 2," kata Umam. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved