Kabar Pacitan

Wakil Bupati Pacitan, Imbau Warganya Cari Tempat Aman Saat Hujan Deras

Pemerintah daerah mengimbau kepada masyarakt Pacitan, khususnya yang rumahnya di sekitar pegunungan, dan tanah retakan sebaiknya waspada,

Wakil Bupati Pacitan, Imbau Warganya Cari Tempat Aman Saat Hujan Deras
suryamalang.com/Rahadian Bagus
Wakil Bupati Pacitan, Sumbogo (kaus cokelat) melihat proses evakuasi korban longsor di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Sabtu (8/12/2018). 

SURYAMALANG.COM, PACITAN - Memasuki musim penghujan, Wakil Bupati Pacitan, Sumbogo mengimbau kepada warga Pacitan, terutama yang tinggal di daerah rawan banjir dan longsor waspada saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan berlangsung lama.

Seperti diketahui, akibat hujan deras di wilayah timur, Kabupaten Pacitan pada Jumat (8/12/2018) mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kabupaten Pacitan.

Bahkan, di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, terdapat empat orang satu keluarga tewas tertimbun longsor saat tidur di dalam rumah, Jumat (8/12) sekitar pukul 21.00 WIB.

"Pemerintah daerah mengimbau kepada masyarakt Pacitan, khususnya yang rumahnya di sekitar pegunungan, dan tanah retakan sebaiknya waspada," kata Wakil Bupati Pacitan, Sumbogo saat dihubungi, Sabtu (8/12/2018).

Dia mengimbau, kepada warga yang tinggal di sekitar perbukitan agar segera mencari tempat berlindung yang aman dan jauh dari lokasi rawan longsor apabila terjadi hujan deras.

Ia menuturkan, longsor tahun ini terjadi di lokasi yang berbeda dengan lokasi longsor yang pernah terjadi pada 2017, silam. Lokasi yang pernah mengalami longsor pada 2017, justru tidak longsor pada saat terjadi hujan kemarin Jumat (7/12) malam.

"Kebetulan hujannya tidak rata, Daerah Utara, seperti di Wilyah Arjosari, Tegal Ombo, Alhamdulillah tidak hujan. Yang hujan hanya wilayah timur, Tulakan, Kebonagung dan Pacitan Kota," kata Sumbogo.

Diberitakan sebelumnya, hujan yang deras yang terjadi sejak Jumat (7/12/2018) petang hingga Sabtu (8/12/2018) dini hari mengakibatkan tangul di anak sungai Grindulu di Desa Purwoasri, Kecamatan Kebongagung, jebol. Akibatnya sejumlah pemukiman ldi Banjarejo, Kebonagung, Purwoasri, Pacitan Kota, Kayen, dan Sirnoboyo tergenangi banjir. 

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved