Persebaya Surabaya

Manajer dan Pelatih Persebaya Akui di balik Capaian Besar Persebaya Ada Peran Penting Bonek

Manajer dan Pelatih Persebaya Surabaya Akui di balik Capaian Besar Persebaya Ada Peran Penting Bonek

Manajer dan Pelatih Persebaya Akui di balik Capaian Besar Persebaya Ada Peran Penting Bonek
SURYAMALANG.COM/Habibur Rohman
Koreo Bonek dan Bonita di tribun utara saat Persebaya Surabaya menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (8/12/2018). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kompetisi Liga 1 2018 sudah berakhir, Persija Jakarta keluar sebagai pemenang, sementara Persebaya Surabaya finish di posisi lima dengan bekal 50 poin, selisih 12 poin dengan juara Liga 1, Persija Jakarta.

Tentang capaian positif Persebaya, disampaikan oleh pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, selain kerja keras pemain di lapangan, pelatih asal Majalengka tersebut sangat menyadari peran penting Bonek dalam mensupport Persebaya.

Untuk itu, mantan pelatih Persib dan PSMS Medan tersebut berharap, di musim kompetisi yang akan datang, dukungan Bonek tidak berkurang, bahkan ia berharap akan lebih dari saat saat ini.

Bonek Japan Masih Berdarah Hijau Meskipun Berpijak di Negeri Sakura

Djanur Bicara Tentang Target Persebaya Musim 2019, Komposisi Pemain Hingga Pujian untuk Bonek

“Saya tetap mengajak agar Bonek lebih baik lagi walaupun saya sudah sangat merasakan bahwa Bonek sekarang sudah jauh lebih tertib dan elegan, tapi saya yakin masih bisa lebih baik lagi,” terangnya pada Surya, Senin (10/12/2018).

Hal sama juga disampaikan oleh manager Persebaya, Candra Wahyudi. Bonek saat ini sudah jauh berubah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sudah lebih positif mendukung Persebaya.

“Dalam dua tahun terakhir, saat kami di Liga 2 dan saat kami di Liga 1 Bonek luar biasa. Dulu stigma-stigma negatif Bonek sangat banyak, sekarang sudah jauh berkurang, mungkin memang masih ada beberapa yang memang harus menjadi pekerjaan rumah Persebaya dan Bonek sendiri untuk memperbaiki diri, tapi di luar itu Bonek sudah sangat berubah,” tarang Candra.

“Bonek sudah punya mekanisme sendiri, artinya suara mayoritas Bonek sudah menuju ke arah positif, jadi ketika masih ada oknum di antara mereka yang berbuat negatif, mereka akan diselesaikan sendiri oleh teman-teman Bonek,” tambahnya.

Untuk itu, di musim yang akan datang, manajer asal Bojonegoro itu yakin Bonek bisa terus berkembang lebih baik dari saat ini.

Catatan paling positif dari Bonek di tahun ini adalah meraih jumlah suporter terbanyak yang datang ke stadion dari tim-tim lain di Liga 1 2018, di mana mencapai angka total 485.231 orang.

Bahkan, dari angka tersebut, Stadion Gelora Bung Tomo dengan kapasitas 50 ribu di mana menjadi markas Persebaya full house di empat laga, yaitu kala jamu Arema FC, Persib, Persija, dan PSIS Semarang.

“Ini catatan sangat luar biasa, artinya publik bisa menilai, dari dulu yang stigma negatif seperti apa, tapi sekarang Alhamdulilah sudah sangat jauh berubah, di stadion atmosfernya juga sudah sangat luar biasa. Saya yakin semua tim yang bermain di GBT merasakan itu dan mengakui bagaimana kedewasaan dan perubahan dari Bonek. Saya kira Bonek akan terus berkembang menjadi suporter yang dewasa dan lebih baik,” tutup Candra.

Penulis: Khairul Amin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved