Kota Batu

Awasi Setiap Bangunan Baru, Tim Inspeksi Kota Batu Siap Bertindak

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan tim sidak itu nanti bakal memantau dan mendatangi satu persatu bangunan.

Awasi Setiap Bangunan Baru, Tim Inspeksi Kota Batu Siap Bertindak
yul
suryamalang.com | IG: @suryamalangcom 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Pemkot Batu berjanji memberhentikan izin untuk pembangunan baru pada 2019.

Pembangunan yang dilakukan tahun 2019 harus sudah memiliki izin tahun sebelumnya.

Guna mengawasi hal itu, Pemkot Batu membentuk tim inspeksi izin bangunan. Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan tim sidak itu nanti bakal memantau dan mendatangi satu persatu bangunan.

Terutama bangunan baru yang saat ini sedang dalam proses pembangunan. Punjul mengatakan yang jadi sasaran utama itu adalah bangunan baru yang saat ini dalam proses pembangunan.

"Tim itu sudah siap. Dengan lurah dan desa setempat, dan kecamatan, dicek nanti. Apakah bangunan ini sudah mendapatkan izin, atau belum berizin. Sekarang kan banyak bangunan baru, di Jalan Diponegoro, di depan balai kota ini juga ada bangunan baru. Nah itu sudah berizin belum, nanti dicek," ungkapnya, Selasa (18/12/2018).

Ia mengatakan jika memang belum berizin, harus dihentikan pembangunannya. Sampai segala urusan perizinan selesai. Ia menjelaskan kalau dibentuknya tim ini untuk mendata bangunan apa saja di Kota Batu yang sudah memiliki izin dan tidak memiliki izin.

Baik itu bangunan lama dan bangunan baru. "Karena jika dinas perizinan berjalan sendiri tidak akan sanggup. Makanya kami bentuk tim itu. Semua jenis bangunan, baik itu untuk hotel, homestay, toko, dan lainnya," imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) retribusi juga masih tercapai 46,6 persen. Yaitu dari target Rp 9,3 Miliar baru tercapai Rp 4,3 miliar. Salah satu retribusi ini dari pendapatan perizinan tertentu IMB baru tercapai 34,3 persen.

Camat Batu, Yopi Supriadi menambahkan dengan adanya tim bangunan itu, ia sangat mendukung. Karena menurutnya baik bangunan lama dan bangunan baru itu harus jelas ada atau tidak izinnya.

"Agar jelas bangunan berdiri itu ada izinnya atau tidak. Dan jika bangunan lama juga perlu disesuaikan dengan Perda yang baru," kata Yopi.

Sejauh ini belum ada laporan terkait bangunan yang tidak berizin dibangun di Kecamatan Batu.

Menurutnya dengan adanya tim itu bisa memantau bangunan yang berdiri di Kota Batu. Apalagi aktivitas banyak berpusat di Kecamatan Batu, sehingga tidak menutup kemungkinan peluang didirikan bangunan lebih tinggi.

Tags
Kota Batu
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved