Kabar Surabaya

SKK Migas Sebut Ada Empat Kontribusi Hulu Migas Dorong UMKM Di Era 4.0

Empat kontribusi itu yakni penyerapan tenaga kerja lokal, terciptanya multiplayer effect, program pengembangan masyarakat, dan dana bagi hasil minyak.

SKK Migas Sebut Ada Empat Kontribusi Hulu Migas Dorong UMKM Di Era 4.0
suryamalang.com/Sri Handi Lestari
Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Mashyar saat tampil di bincang bisnis "Memenangkan UMKM di Era Industri 4.0" yang digelar Harian Surya di Surabaya, Rabu (19/12/2018). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kepala Satuan Kerja Kontruksi Minyak dan Gas (SKK Migas) Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Mashyar menyebutkan, bila industri hulu migas juga memiliki peran yang bisa dipakai untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Ada empat kontribusi industri hulu migas yang bisa mendorong UMKM di era industri 4.0 ini," kata Ali saat memberi materi dalam bincang bisnis yang digelar Harian Surya, surya.co.id dan Suryamalang.com, serta tribun jatim.com di Hotel Santika premiere Surabaya, Rabu (19/12/2018).

Empat kontribusi itu antara lain, penyerapan tenaga kerja lokal, terciptanya multiplayer effect, program pengembangan masyarakat, dan dana bagi hasil minyak.

Sementara fokus program pengembangan masyarakat yang dilakukan SKK Migas melalui KKSO (Kontrak Kerjasama Kontruksi dan Operasional) antara lain dengan melakukan pengembangan ekonomi masyarakat mendorong berkembangnya UMKM.

"Kemudian pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lingkungan. Juga kemudahan akses informasi, untuk mengambil kesempatan yang ada. Yaitu melalui smartphone , internet dan lainnya ," jelas Ali.

Dalam acara tersebut, dari KKSO yang ditampilan bersama SKK Migas, adalah PT ExxonMobile Indonesia. Vice President Public & Government Affair Exxonmobil, Erwin Maryoto, melanjutkan pemaparan yang disampaikan Ali Mashyar tentang keberadaan dan kontribusi perusahaan yang melakukan explorasi di daerah Bojonegoro, Jawa Timur.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved