Travelling

Semua Tentang Susu, Yuk Jalan-jalan Sambil Belajar di Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Kota Batu

Semua Tentang Susu, Yuk Jalan-jalan Sambil Belajar di Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Kota Batu

Semua Tentang Susu, Yuk Jalan-jalan Sambil Belajar di Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Kota Batu
IST
Wisata Edukasi Susu Batu (WESB) di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Kota Batu miliki destinasi wisata baru bernama Wisata Edukasi Susu Batu (WESB). Lokasi wisata yang berada di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, tepat di depan Jatim Park 3 ini sudah resmi dibuka untuk wisatawan.

Seperti namanya, wisata ini menyuguhkan wisata edukasi dan bakal memberikan informasi tentang susu. Ada bermacam-macam wahana, di antaranya Milk Factory yang memberikan wahana wisata mulai dari proses produksi susu pasteurisasi dan packaging. Lalu ada proses susu UHT dan packaging teknologi aseptik, dan proses pengolahan yogurt.

Lalu ada Farm Hall, di sini wisatawan bisa memperoleh ilmu terkait proses packaging segala jenis kripik olahan. Juga terdapat chocolate factory yang menampilkan dan memproduksi produk olahan cokelat yang lezat. Sekaligus wisatawan dapat melihat pemandangan alam dengan menikmati makanan dan minuman di cafe herbal.

Ada juga teknologi pengolahan pakan ternak berkualitas unggul wisatawan dapat melihat proses pengolahan pakan ternak sapi perah yang berkualitas dengan teknologi yang canggih. Sehingga dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas susu sapi yang bernilai gizi tinggi.

Terdapat wahana Kincir Angin Hall khas Belanda dengan khas kincir angin yang dilengkapi dengan panorama alam Kota Batu. Bahkan wisatawan juga difasilitasi dengan kostum Belanda.

Direktur WESB HMA Sembodo mengatakan bahkan semua peralatan yang disuguhkan ini import dari Eropa.

"Di sini juga dilengkapi juga dengan taman bermain anak, garden flower. Kami ingin dengan wisata edukasi susu ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengolahan susu yang berkualitas sesuai dengan BPOM," kata dia, Minggu (23/12/2018).

Sembodo menjelaskan bangunan ini dibuat serupa dengan yang ada di Belanda, karena disanalah awal mula susu. Luas area di WESB ini pun sekitar 4 hektar.

"Kami berharap bisa menambah wisata edukasi di Kota Batu. Dengan demikian membantu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang berkualitas dan berkembang," pungkasnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved