Kota Batu

Asep Pemuda Kota Batu Tak Tahan Lihat Paralon Terbuang Sia-sia

Asep Adi Setyawan warga Kota Batu inilah yang membuat semua kerajinan itu. Ia tak bisa diam jika melihat pipa paralon bekas yang tak terpakai.

Asep Pemuda Kota Batu Tak Tahan Lihat Paralon Terbuang Sia-sia
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Asep menunjukkan karyanya yang dibuat dari paralon bekas. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Miniatur berbentuk Doraemon, Minion, kaligrafi, ukiran mawar, batik, buah apel Appel dan lambang Alun-Alun Kota Batu terpasang rapi di meja salah satu perajin UMKM asal Kota Batu beberapa waktu lalu. Dari kejauhan kerajinan itu tampak biasa saja, namun siapa sangka jika hasil kerajinan tangan itu tebuat dari pipa paralon bekas.

Asep Adi Setyawan warga Kota Batu inilah yang membuat semua kerajinan itu. Ia tak bisa diam jika melihat pipa paralon bekas yang tak terpakai.

Di tahun 2015 Asep melihat ada pipa paralon bekas di rumahnya. Karena ia selalu tak tahan untuk mengutak-atik barang, jadilah ia membuat pipa itu jadi barang kerajinan yang menarik.

Ia yang tinggal di Jalan Arjuno Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu ini juga pernah membuat lampion. "Juga pernah buat lampion, pas lihat ada pipa paralon kok menarik juga ini saya utak-atik. Ya sudah saya coba buat kerajinan ini," ungkapnya.

Awalnya ia hanya membuat beberapa kerajinan saja, namun karena banyak yang suka akhirnya ia membuat dalam jumlah yang banyak. Sejak saat itu ia menerima pesanan dari beberapa masyarakat. Hasil kerajinannya juga ditaruh di tempat oleh-oleh di kota Batu.

"Ada juga yang saya pasarkan secara online. Requestnya kebanyakan bentuk minion, lampu tidur bentuk kartun gitu kebanyakan yang request," imbuhnya.

Hasil kerajinan itu dijual mulai harga Rp 70 ribu, sesuai dengan kesulitan proses pembuatannya. Sekali produksi jika banyak pesanan bisa menghasilkan sekitar 150 kerajinan. Bahkan dari hasil karyanya itu berhasil meraih UMKM Award 2018 kategori Kerajinan dari Diskoperindag Kota Batu.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved