Kota Batu

Rencanakan Desa Gunungsari Jadi Paket Wisata

Pemerintah Kota Batu sedang menyiapkan Dusun Brau, Desa Gunungsari sebagai desa wisata pada tahun 2019 ini.

Rencanakan Desa Gunungsari Jadi Paket Wisata
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Pertanian Mawar di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kota Batu. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Pemerintah Kota Batu sedang menyiapkan Dusun Brau, Desa Gunungsari sebagai desa wisata pada tahun 2019 ini. Daerah yang berada di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini kaya dengan potensi peternakan susu sapi, pertaniannya, serta tempat wisata alam. Saat ini Pemkot Batu masih mengkaji dan menyusun rencana untuk mengembangkan desa wisata di sana.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Imam Suryono mengatakan di Dusun Brau, Desa Gunung Sari adalah daerah penghasil susu sapi, produk pertanian dan lokasi wisata alam. Menurutnya dari potensi kearifan lokal sesuai dengan daerah itulah, pihaknya bersama dinas terkait masih menyusun konsep desa wisata.

"Mungkin nanti yang diunggulkan ialah wisata edukasi susu sapi perah. Setelah itu juga dibuat paket wisata yang ada di sekitar Desa Gunungsari," kata Imam.

Apalagi di Desa Gunungsari sudah memiliki banyak wahana wisata yang dikelola masyarakat desa maupun bekerja sama dengan Perhutani. Serta pengembangan paket wisata terintegrasi setiap desanya.

"Di sana itu, karena sesuai karakteristik ada wisata Petik Apel, Petik Mawar, Gua Pinus, Gua Pandawa, Lemah Abang (LA), dan home stay. Nah dari situ kami ingin nantinya wisatawan yang berkunjung bisa menikmati semua wahana wisata dalam satu desa. Tentunya akan dikelola oleh Pokdarwis," ungkapnya.

Belum lagi lanjutnya di Dusun Brau Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji memiliki pemandangan yang indah dan latar belakang masyarakat sebagai peternak sapi perah dan bertani.

Ia memaparkan sedikit konsep yang ada, yaitu di Dusun Brau dengan membuat wisata edukasi pengolahan susu menjadi produk jadi seperti yogurt, susu kemasan, hingga jenang susu.

Dikatakannya Dusun Brau dijadikan pilihan sebagai desa wisata karena lokasi  Dusun Brau menjadi jalur menuju kawasan wisata Paralayang di Gunung Banyak. Ini memberi kesempatan bagi warga untuk meningkatkan perekonomian mereka.

"Di sini ini tinggal mengembangkan apa yang ada. Dibuat paket wisata, dengan memberikan kemudahan bagi wisatawan dengan paket itu tadi. Nah begitu juga di tempat lainnya, seperti di Desa Pandanrejo, Desa Sidomulyo," ungkapnya.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved