Kabar Jakarta

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Akan Menguat Hari Ini

Aliran dana asing yang kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia semakin membuat laju rupiah tak terbendung

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Akan Menguat Hari Ini
Tribunnews.com
Nilai tukar Rupiah menguat 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Sentimen eksternal kembali menopang keperkasaan rupiah. Kemarin, kurs spot rupiah menguat 1,31 persen menjadi Rp 14.082 per dollar Amerika Serikat (AS). Setali tiga uang, kurs tengah rupiah Bank Indonesia juga menanjak 1,71 persen menjadi Rp 14.105 per dollar AS.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual menjelaskan, apresiasi rupiah di awal pekan ini terjadi akibat reaksi pelaku pasar terhadap pernyataan dovish Gubernur The Federal Reserve Jerome Powell. Orang nomer satu di The Fed tersebut menyebut, pihaknya akan bakal lebih fleksibel dalam menaikkan suku bunga acuan tahun ini.

Pernyataan tersebut dilontarkan dalam The American Economic Association's Annual Meeting akhir pekan lalu. Alhasil, pelaku pasar menilai, bank sentral AS tersebut tidak akan terlalu agresif dalam mengerek suku bunga acuan, seperti di 2018 silam. "Dengan kondisi ini, para investor melirik emerging market," kata David.

Aliran dana asing yang kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia semakin membuat laju rupiah tak terbendung. Kondisi ini juga mempengaruhi pasar obligasi. Ekonom Bank Permata Josua Pardede mencatat, dalam beberapa hari terakhir, yield obligasi seri acuan turun 8–10 basis poin.

Analis Monex Invesment Futures Ahmad Yudiawan menambahkan, potensi penguatan rupiah berlanjut tetap terbuka lebar. Terlebih AS dan China akan kembali melakukan perundingan terkait perang dagang, pada 7–8 Januari ini.

Sentimen ini diprediksi Ahmad akan membuat kurs rupiah hari ini menguat. Dia memprediksi, mata uang Garuda akan bergerak di kisaran level Rp 13.930 – Rp 14.230 per dollar AS. Josua juga memperkirakan, rupiah masih menguat dan bergerak dalam kisaran Rp 13.950 – Rp 14.125 per dollar AS

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved