Kota Batu

Pameran Pendidikan di Kota Batu Bantu Pelajar Kenali Perguruan Tinggi

Ada pameran pendidikan yang diikuti oleh 30 pergurutan tinggi di kawasan Malang Raya dan beberapa kota lainnya.

Pameran Pendidikan di Kota Batu Bantu Pelajar Kenali Perguruan Tinggi
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Pelajar dari Kota Batu mengunjungi sebuah stand pameran pendidikan yang diselenggarakan di Batu Town Square, Selasa (8/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU – Ratusan pelajar seluruh SMA di Kota Batu ramai-ramai ‘menyerbu’ Batu Town Square (Batos), Selasa (8/1/2019).

Pasalnya, ada pameran pendidikan yang diikuti oleh 30 pergurutan tinggi di kawasan Malang Raya dan beberapa kota lainnya.

“Ada 30 perguruan tinggi lanjutan dan profesi menyajikan informasi kepada mahasiswa SMA/SMK. Ada sekitar 3000 peserta beserta orangtua dan masyarakat umum,” ujar Agus Bintoro, ketua pelaksana pameran kepada SURYAMALANG.COM.

Agus menerangkan, kegaiatan pameran pendidikan tingak perguruan tinggi itu adalah kali keempat. Kali ini, kegaiatan sengaja dilaksanakan di Batos agar ada nuansa rekreasinya. Hal itu dimaksudkan untuk menarik minat siswa agar datang.

“Kami kemas acara ini sebagai edukasi dan informasi dari sumbernya. Ini juga rencana rekreasi, ya rekreasi mall sehingga bisa sekalian belanja dan berkenalan dengan teman-teman dari sekolah lain,” ujar Agus yang juga mengajar di SMA 2 Batu itu.

Pameran pendidikan itu dinilai penting karena menjadi penjembatan antara siswa dan penyelenggara tingkat pendidikan tinggi. Apalagi juga ada perguruan tinggi profesi sehingga diharapkan siswa bisa melanjutkan ke lembaga pendidikan yang lebih spesifik.

Kata Agus, menceritakan kondisi pelajar dari sekolahnya. Data secara sampling ada sekitar 80 persen pelajar lulus dari SMA 2 Batu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Selebihnya masih menunggu waktu, berkeluarga dan langsung kerja.

Oleh sebab itu, dengan adanya pameran pendidikan bisa memberikan gambaran akan dunia perguruan tinggi kepada pelajar, khususnya pelajar kelas tiga.

Kepala Bagian Humas dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama), Ali Ismail menjelaskan, dalam dua jam setelah dibuka, ada 400 pelajar yang terdaftar datang serta menggali informasi tentang Unikama. Menurutnya, kegiatan pameran itu cukup efektif untuk menarik minat pelajar melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Ya cukup efektif untuk menarik minat pelajar. Kami tadi bahkan menjelaskan program studi yang selama ini ada dan program studi yang baru dapat izin seperti pendidikan IPA,” ujar Ismail.

Unikama, yang memiliki sejarah sebagai intitusi keguruan memang membranding diri sebagai kampus yang mencetak para pengajar. Menurut Ismail, minat mahasiswa baru menjadi pengajar masih cukup tinggi.

“Itu memang salah satu andalan kami bahwa selama ini Unikama lahir dari IKIP PGRI. Untuk prodi keguruan memang sangat dimintai, terutama PGSD,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachayuningsih menilai pameran pendidikan sangat bagus diterapkan di Kota Batu. Pasalnya, tidak banyak kota atau kabupaten lain yang bisa menyelenggarakan acara seperti itu.

“Ini adalah momen yang benar-benar harus dimanfaatkan oleh pelajar di Kota Batu. Pelajar tidak repot-repot cari ke kampusnya langsung,” kata Eny.

Penulis: Benni Indo
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved