Malang Raya

Shofiy Petrina Mufidah Merawat Bahasa Arab

Shofiy Petrina Mufidah merawat kemampuan bahasa Arab dengan ikut lomba atau menjadi penerjemah

Shofiy Petrina Mufidah Merawat Bahasa Arab
istimewa
Shofiy Petrina Mufidah 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Kemampuan berbahasa Arab saat di Ponpes Gontor masih dirawat oleh Shofiy Petrina Mufidah dengan ikut lomba-lomba atau menjadi penerjemah saat ada tamu negara dari Timur Tengah ke Universitas Brawijaya Malang.

Cewek kelahiran Ponorogo, 10 September 1997 ini menyelesaikan SMP dan SMA nya di Gontor.

“Kemampuan Bahasa Arab saya dapatkan saat di Gontor,” jelas Shofiy kepada SURYAMALANG.COM, Selasa (8/1/2019). Saat ini ia kuliah di prodi Ilmu Komunikasi Fisip UB angkatan 2015.

Pengalaman pertama sebagai penerjemah Bahasa Arab saat kedatangan Duta Besar Palestina untuk Indonesia di UB pada 21 Maret 2018. Saat itu di Fisip ada kuliah tamu diplomasi bilateral Indonesia dan Palestina.

Kedua saat ada kuliah tamu Walikota Hebron, Palestina di Gedung Widyaloka UB dimana yang datang sebagian besar adalah pejabat dan dosen. "Saya tidak mendapatkan kisi-kisi tentang apa yang disampaikan. Jadi saya mencari banyak info soal Kota Hebron dan Palestina," ujar cewek manis ini.

Ternyata Walikota Hebron juga menyinggung apa yang ia pelajari. Sehingga ia bisa menyarikan apa yang disampaikan.

“Deg-degan pastinya karena tidak dapat kisi-kisi kuliah tamu walikota. Sempat ada kehawatiran tidak bisa menerjemahkan karena beliau native speaker atau ada kosa kata kata yang tidak saya ketahui atau ada istilah-istilah khusus,” ungkapnya.

Namun ternyata dari pengalaman menerjemahkan Dubes Palestina, Bahasa Arab yang dipakai para pejabat negara adalah bahasa Arab formal. Jadi ia tidak kesulitan.

Bahasa Arab formal inilah yang ia pelajari di Gontor.

Selain di UB, ia juga mengikuti acara saat di Balaikota Malang pada pagi harinya dimana ada MoU antara Hebron dengan Kota Malang. Saat itu Rektor UB juga datang.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved