Universitas Negeri Malang

Jaksa Tunggu Bukti dari Sutoyo, Terpidana Korupsi Lab FMIPA UM

Kejaksaan Negeri Kota Malang masih menunggu bukti dari pihak Sutoyo untuk melanjutkan proses penyelidikan kasus korupsi peralatan Lab FMIPA UM.

Jaksa Tunggu Bukti dari Sutoyo, Terpidana Korupsi Lab FMIPA UM
suryamalang.com/Benni Indo
Tersangka dugaan Korupsi, Sutoyo saat akan masuk ke dalam mobil Kejari Kota Malang yang mengantarkannya ke Lapas Klas I Malang, Kamis (27/12/2018). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Kejaksaan Negeri Kota Malang masih menunggu bukti dari pihak Sutoyo untuk melanjutkan proses penyelidikan kasus korupsi peralatan Lab FMIPA Universitas Negeri Malang.

Hingga saat ini, pihak Sutoyo belum menyerahkan bukti apapun ke Kejari Kota Malang.

Sutoyo adalah terpidana korupsi Lab FMIPA UM, Sutoyo, yang yitangkap Kejaksaan Negeri Kota Malang, Kamis (27/12/2018). Ia mengibaratkan dirinya hanyalah terpidana kelas teri. Sementara kelas kakap belum dikenai tindakan hukum.

Kasi Pidsus Kejari Kota Malang Ujang Supriyadi.
Kasi Pidsus Kejari Kota Malang Ujang Supriyadi. (benni indo)

Sementara itu, penyidik dari kejaksaan sedang melakukan telaah terhadap informasi yang disampaikan oleh Sutoyo ketika ditangkap.

“Penyidik menelaah apa yang disampaikan Sutoyo dengan juga mendasarkan putusan MA yang telah kami terima. Sutoyo sendiri pernah menyampaikan akan menyampaikan data-data susulan perihal apa yang telah ia alami, dengar dan lakukan sendiri,” terang Kepala Seksi Pidana Khusus, Kejari Kota Malang Ujang Supriyadi.

Namun sampai sekarang, Sutoyo tidak pernah menyerahkan barang bukti. Kejari Kota Malang pun belum bisa melangkah lebih jauh ketika barang bukti yang diharapkan belum ditunjukkan oleh pihak Sutoyo.

“Secara teknis melalui keluarganya, istrinya, karena dalam proses penangkapan kemarin ada istrinya,” imbuhnya.

Sementara itu, konsentrasi penyidik di Seksi Pidana Khusus terpecah. Pasalnya, penyidik juga tengah mengusut kasus peralihan aset milik Pemkot Malang.

“Karena Leonardo ( tersangka kasus aset, Red) sudah dilimpahkan, maka kemungkinan dalam akhir bulan ini ada perkembangan untuk Sutoyo,” jelas Ujang.

Dikatakan Ujang, penyidik dari Kejari Kota Malang tengah menunggu bukti yang sangat fundamental. Yakni bukti aliran dana kepada pihak-pihak yang disebutkan oleh Sutoyo beberapa waktu lalu.

“Kejaksaan mencari yang paling fundamental adalah bukti aliran uang. Kalau Sutoyo bisa membuktikan ada aliran uang ke pihak yang ia sebutkan, lewat bukti transfer atau surat lainnya, akan segera kami proses,” jelasnya.

Ujang menjelaskan ada dua nama yang disebutkan oleh Sutoyo ketika memberikan keterangan di hadapan penyidik. Namun Ujang belum bisa membeberkan secara terang-terangan dua nama yang disebutkan Sutoyo.

“Yang kemarin teman-teman sampaikan. Yang dua orang itu, katanya seperti itu,” ujar Ujang. 

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved