Malang Raya

Kepanjen Raih Adipura, Sanusi Targetkan Pengurangan Sampah

Kecamatan Kepanjen berhasil meraih Piala Adipura untuk Kota Kecil dibidang kebersihan dan ketertiban oleh pemerintah pusat.

Kepanjen Raih Adipura, Sanusi Targetkan Pengurangan Sampah
Humas Pemkab Malang
Plt Bupati Malang, M Sanusi menerima penghargaan Piala Adipura dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Kecamatan Kepanjen berhasil meraih Piala Adipura untuk Kota Kecil dibidang kebersihan dan ketertiban oleh pemerintah pusat.

Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi menerima langsung penghargaan tersebut dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Raihan prestisius tersebut diraih Kecamatan Kepanjen sebanyak 11 kali.

Sanusi menjelaskan seiring dengan disematkannya gelar Adipura ini, pihaknya ingin lebih mengimplementasi berdasarkan amanat UU 18/2008 tentang pengelolaan sampah, upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah.

“Target nasional yang dimaksud, pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada tahun 2025.”

“Sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai hilir di setiap kabupaten/kota, harus diterapkan,” terang Sanusi melalui Humas Protokol Pemkab Malang.

Sanusi menerangkan usaha yang dilakukan Pemkab Malang untuk mempertahankan prestasi tersebut, diakuinya melewati banyak proses.

Salah satunya, mendirikan bank sampah yang kini hampir seluruh wilayah di Kabupaten Malang, sudah memiliki bank sampah aktif.

Bahkan, Kabupaten Malang memastikan diri sebagai daerah percontohan dalam pengelolaan sampah terbaik skala nasional.

“'Seperti di TPA Wisata Edukasi Talangagung, Kepanjen menjadi ruang belajar dalam pengelolaan sampah,” ujarnya.

Sanusi pun bersyukur Kabupaten Malang mampu meraih prestasi bergengsi di bidang kebersihan tersebut.

“Prestasi ini diraih setelah upaya pengelolaan lingkungan dan sampah mendapat poin lebih dari kementerian,” ucap Sanusi.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved