Kabar Jakarta

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Rp 14.093 Per Dollar AS

Pelemahan rupiah didorong oleh kekhawatiran para pelaku pasar terkait potensi perlambatan ekonomi China

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Rp 14.093 Per Dollar AS
Tribunnews.com
Nilai tukar Rupiah melemah 

SURYAMALANG.COM,  JAKARTA - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar Amerika Serikat di awal perdagangan Senin (14/1). Mengutip Bloomberg pukul 10.25 WIB, rupiah melemah 0,32 persen ke level Rp 14.093 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures, Ahmad Yudiawan menyebut, pelemahan rupiah didorong oleh kekhawatiran para pelaku pasar terkait potensi perlambatan ekonomi China. Hal ini tak lepas dari keputusan pemerintahan China yang menurunkan target pertumbuhan ekonomi di tahun ini di kisaran 6 persen  - 6,5 persen.

Di sisi lain, dollar AS mengalami penguatan dalam dua hari terakhir. "Tapi penguatan dollar AS lebih disebabkan faktor teknikal setelah mengalami pelemahan yang cukup signifikan sebelumnya," ujar Yudi.

Data ekonomi AS yang dirilis akhir pekan lalu sebenarnya kurang menguntungkan bagi fundamental the greenback mengingat hasilnya negatif. Seperti data inflasi sektor konsumer AS di bulan Desember yang turun 0,1 persen.

"Data-data yang negatif membuat pelaku pasar semakin yakin bahwa The Fed akan menahan kenaikan suku bunga acuan AS," katanya.

Yudi memperkirakan, rupiah masih berpeluang melemah di sisa perdagangan hari ini walau dalam rentang yang terbatas. Prediksinya, rupiah akan bergerak di area Rp 13.950 - Rp 14.170 per dollar AS hari ini.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved