Kabar Surabaya

Tunggak Utang Ke Rumah Sakit Di Jatim Rp 1.3 Triliun, BPJS Kesehatan Harap Pemda Ikut Bantu

Iuran yang dibayarkan oleh pengguna BPJS Kesehatan tidak mencukupi untuk menutup fasilitas yang diberikan kepada rumah sakit.

Tunggak Utang Ke Rumah Sakit Di Jatim Rp 1.3 Triliun, BPJS Kesehatan Harap Pemda Ikut Bantu
Tribun Wow
BPJS Kesehatan 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Kesehatan Jawa Timur mempunyai tanggungan utang sebesar Rp 1,3 triliun pada rumah sakit per 31 Desember 2018.

Ada beberapa faktor yang mendasari banyaknya utang BPJS Kesehatan kepada rumah sakit yang ada di Jawa Timur ini.

Salah satunya adalah iuran yang dibayarkan oleh pengguna BPJS Kesehatan tidak mencukupi untuk menutup fasilitas yang diberikan kepada rumah sakit.

"Selain itu, masyarakat baru daftar BPJS itu saat sakit. Dan yang sudah terdaftar, aktif membayar iuran saat sakit juga tapi kalau sudah sembuh mereka akan kembali tidak membayar iuran," kata Deputi BPJS Kesehatan Jawa Timur, Handaryo, Minggu (13/1/2019).

Tak hanya itu, beberapa dari anggota hanya mendaftarkan keluarga mereka yang sakit saja ke BPJS Kesehatan. "Tapi anggota keluarga lainnya yang masih sehat tidak daftar ke BPJS Kesehatan," lanjut Handaryo.

Handaryo mengatakan, BPJS Kesehatan memerlukan dukungan pemerintah daerah untuk menangani utang tersebut.

Karena jika tanggungan utang tersebut sudah jatuh tempo dan tidak segera dilunasi, akan membuat beberapa rumah sakit memilih untuk tidak memperpanjang perjanjian kerjasama (PKS) dengan BPJS Kesehatan lagi.

Hal tersebut lanjut Handaryo, akan merugikan masyarakat juga, karena masyarakat utamanya pasien pengguna BPJS kesehatan tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan di rumah sakit yang tidak lagi memperpanjang PKS dengan BPJS Kesehatan dan harus mencari rumah sakit lain yang mempunyai kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved