Citizen Reporter

Ingin Mendesain Batik Khas Malang? Simaklah Motif Batik pada Seni Arca Singhasari

"Jangan keburu untuk buat klaim 'khas Malang' sebelum karakter lokalnya dan akar tadisi ornamentik setempat dieksplorasi, dipahami, dan sungguh..."

Ingin Mendesain Batik Khas Malang? Simaklah Motif Batik pada Seni Arca Singhasari
adi h
IDE MOTIF BATIK KHAS MALANG - Beberapa contoh visual dari tinggalan seni arca (Ikonografi) mengenai motif hias kain (ken) "Malang Batik Heritage" di era Singhasari (abad XIII Masehi). 

SURYAMALANG.COM - Serangkaian penyelenggaraan Lomba Batik Khas Malang memberi kesan bahwa eksplorasi terhadap anasir motif hias (ornamen) berkarakter lokal Malang belum dilakukan secara seksama dan jauh dari optimal. Sepertinya Malang "miskin" referensi kultural dan ekologis yang daripadanya dapat dicari, ditemukan, dirakit, lantas didesain menjadi desain batik khas Malang.

"Padahal, jejak arkeologis di area Malang Raya telah menyediakan bahan (referensi) berlimpah untuk dapat dijadikan 'sumber' guna menghadirkan batik khas Malang, atau lebih khusus lagi untuk 'Malang Batik Heritage'," kata arkeolog Universitas Negeri Malang, M Dwi Cahyono di Malang, Rabu (16/01/2019).

Menyadari hal itu, Dwi Cahyono menyarankan stakeholders terkait perlu segera diprogramkan untuk melakukan riset seksama, dan selanjutnya diselenggarakan workshop bertema "Batik Khas Malang" bersama para pelaku batik tulis dan desainer busana.

"Sejatinya, Malang Raya yang konon adalah pusat peradaban masa lampau memiliki jejak historis tentang seni batik, khususnya ragam hias kain (baca "batik"), sebagai kelengkapan dalam berbusana," ungkapnya.

IDE MOTIF BATIK KHAS MALANG - Beberapa contoh visual dari tinggalan seni arca (Ikonografi) mengenai motif hias kain (ken)
IDE MOTIF BATIK KHAS MALANG 

Pada titik inilah, kuat alasan untuk menyatakan bahwa batik telah riil hadir di Malang pada masa pemerintahan Singhasari.

Batik Malang bukan sekadar batik yang diproduksi di daerah Malang, namun lebih dari itu memiliki motif hias yang berakar pada tradisi seni yang menyejarah di Malang Raya.

Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak mengibarkan Malang sebagai 'Kota Batik Heritage'

"Jangan keburu untuk buat klaim 'khas Malang' sebelum karakter lokalnya dan akar tadisi ornamentik setempat dieksplorasi, dipahami, dan sungguh dijadikan sebagai referensi dalam proses pembatikan," pungkasnya. ADI H

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved