Kabar Surabaya

Daihatsu Sudah Terapkan Standar Emisi Euro IV Pada Kendaraan Penumpangnya Sejak Oktober 2018

Penerapan Euro IV sendiri bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Daihatsu Sudah Terapkan Standar Emisi Euro IV Pada Kendaraan Penumpangnya Sejak Oktober 2018
TribunJatim.com/Arie Noer Rachmawati
Head Regional East Java PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Budhy Lau saat menunjukkan mesin Grand New Xenia yang diperkenalkan di Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah memberlakukan standar Emisi Euro IV pada seluruh kendaraan penumpangnya sejak Oktober 2018, termasuk Grand New Xenia yang baru saja dirilis di pasaran.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait penerapan Standar Emisi Euro IV pada bahan bakar kendaraan bermotor yang berlaku mulai September 2018.

Penerapan Euro IV sendiri bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. 

"Sebagai pembuat mobil pasti kami akan mendukung regulasi pemerintah. Kendaraan penumpang (passanger car) kami sudah standar Euro IV semua, termasuk Grand New Xenia," ujar Chief Operation Officer PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Anton Rusli di sela-sela peluncuran Grand New Xenia di Surabaya, Jumat (18/1/2019).

Sedangkan untuk kendaraan komersil, lanjut Anton, pihaknya akan melakukan penerapan standar emisi pada April 2019 mendatang.

"Dengan begitu, kami harap mudah-mudahan masyarakat dapat memahami penerapan standar Euro IV ini sehingga perlahan akan berubah," tambahnya.

Untuk lebih membuat masyarakat semakin paham, pihaknya juga akan gencar sosialisaikan rekomendasi penggunaan pertamax.

"Di tangki gas kami akan pasang stiker untuk  memberitahukan masyarakat kalau bahan bakar minyak (BBM) yang baik dipakai untuk standar tersebut ialah pertamax," imbuhnya.

Adapun penerapan Standar Emisi Euro IV telah diatur dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/201 7 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O. 

Kendaraan bermotor kategori M, yaitu kendaraaan bermotor beroda empat atau lebih, digunakan untuk angkutan orang.

Lalu kategori N, merupakan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih untuk angkutan barang, dan kategori O adalah kendaraan bermotor penarik untuk gandengan atau tempel.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved