Kabar Jakarta

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Awal Pekan Ini

Penguatan tipis rupiah Jumat lalu lebih disebabkan faktor teknikal. Tetapi, capital inflow atau aliran modal asing ke pasar domestik masih kuat.

Prediksi Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dollar AS Awal Pekan Ini
Tribunnews.com
Nilai Tukar Rupiah Stabil 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Arus dana asing yang masuk ke Tanah Air akan menopang penguatan rupiah. Jumat (18/1), rupiah di pasar spot ditutup menguat 0,1 persen ke level Rp 14.178 per dollar AS. Sedangkan dalam sepekan, rupiah melemah 0,9 persen.

Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA), David Sumual menjelaskan, penguatan tipis rupiah Jumat lalu lebih disebabkan faktor teknikal. Tetapi, capital inflow atau aliran modal asing ke pasar domestik masih kuat sejak awal tahun 2019. Bank Indonesia (BI) mencatat, dana asing yang masuk sampai 17 Januari, mencapai Rp 14,75 triliun.

Keadaan politik dan ekonomi di AS dan Inggris masih bergejolak. Dari dalam negeri, BI dianggap sigap mengantisipasi pelambatan ekonomi global dengan menahan bunga di 6 persen. Dua faktor itu menjadi pendorong investor mengoleksi rupiah.

Selain itu, impor minyak relatif kencang seiring berjalannya proyek infrastruktur pemerintah. "Karena adanya real demand, dana asing masuk dan membantu menguatkan rupiah," kata David, Jumat (18/1).

Tetapi Analis Senior Bank Mandiri, Reny Eka Putri mengingatkan, neraca perdagangan yang defisit mencapai US$ 8,57 miliar akan menjadi tantangan ekonomi Indonesia. Dari segi eksternal, penting untuk memperhatikan pernyataan dari Bank Sentral Amerika dan Eropa pada minggu depan karena pasti akan mempengaruhi market.

David dan Reny memproyeksi penguatan rupiah pada Senin (21/1). Proyeksi Reny, rupiah bergerak di area Rp 14.100 –  Rp 14.198 per dollar AS. Sedangkan prediksi David, rupiah di kisaran Rp 14.150 - Rp 14.220 per dollar AS.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved