Malang Raya

Alasan Polisi Malang Belum Terapkan Sistem Lawan Arus di Proyek Underpass Karanglo

kondisi lalu lintas di Simpang Karanglo terpantau lancar meskipun proyek pembangunan underpass masih dalam tahap pengerjaan.

Alasan Polisi Malang Belum Terapkan Sistem Lawan Arus di Proyek Underpass Karanglo
mochammad rifky edgar hidayatullah - suryamalang.com
Proyek pembangunan underpass Karanglo, Malang. 

SURYAMALANG.COM, KARANGPLOSO - Sistem contraflow atau lawan arus yang akan diberlakukan di Simpang Karanglo, Malang sejak adanya pengalihan arus lalu lintas sejak 22 Januari 2019 lalu hingga kini belum juga diterapkan.

Hal itu disebabkan kondisi lalu lintas di Simpang Karanglo terpantau lancar meskipun proyek pembangunan underpass masih dalam tahap pengerjaan.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang Ipda Ahmad Taufik khawatir seandainya Contraflow diterapkan akan berimbas pada menumpuknya kendaraan di kawasan Singosari.

"Memang Contraflow belum diterapkan karena kondisi lalu lintas di sini masih lancar. Takutnya kalau kami terapkan malah terjadi kemacetan. Bisa dilihat, jalur lama sekarang kondisinya semakin menyempit," jelasnya.

Kata Taufik, nanti penerapan Contraflow mulai diberlakukan menunggu pelebaran jalan di sepanjang trotoar mulai selesai dikerjakan.

Ia memprediksi bahwa dalam waktu dekat ini pelebaran jalan akan selesai dan Sistem Contraflow sudah mulai bisa diterapkan.

"Kemungkinan minggu depan pelebaran jalan sudah selesai. Saat ini kami tinggal menunggu penyelesaian trotoar di samping kiri Supermarket. Jika jalan sudah diperlebar, maka Contraflow akan kami terapkan," ujarnya

Sementara itu dari pantauan SURYAMALANG.COM pada Kamis (24/1/2019) siang di Simpang Karanglo, arah dari Surabaya menuju ke Malang lancar karena adanya jalur baru berupa frontage.

Sedangkan dari arah Surabaya menuju ke Batu sedikit mengalami penumpukan kendaraan, begitu juga dari arah Malang menuju ke Surabaya.

Selain berbicara terkait belum diberlakukannya sistem Contraflow, Taufik juga mengimbau kepada para pengendara untuk menggunakan jalur alternatif baik dari arah Malang, Batu atapun Surabaya.

"Rambu-rambu perihal jalan alternatif sudah kami pasang di berbagai tempat. Seperti dari arah Batu menuju ke Surabaya bisa melewati jalan alternatif di Karangploso yang nantinya akan tembus langsung ke Singosari. Ya kami berharap masyarakat juga memanfaatkan jalur alternatif itu," ucapnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved