Malang Raya

Rumah Solusi, Cara Pemkot Malang Bantu Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah

Rumah Solusi ini adalah sebuah tempat dijualnya produk-produk UMKM dari Kota Malang. Rumah Solusi diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian.

Rumah Solusi, Cara Pemkot Malang Bantu Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah
Benni Indo - SuryaMalang.com
Pengunjung melihat-lihat isi Rumah Solusi yang sebagian besar merupakan produksi UMKM, Kamis (24/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Walikota Malang Sutiaji meresmikan Rumah Solusi di Balai Kartini, Kota Malang, Kamis (24/1/2019). Rumah Solusi ini adalah sebuah tempat dijualnya produk-produk UMKM dari Kota Malang. Rumah Solusi diharapkan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian kota melalui UMKM.

Sutiaji mengatakan kehadiran Rumah Solusi bisa membantu pemasaran produk UMKM dari Kota Malang. Rumah Solusi sendiri digagas oleh Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), melalui ibu-ibu PKK juga, pemasaran atau pun penyebaran informasi terkait produk UMKM diharapkan bisa meluas.

Produk UMKM yang masuk ke Rumah Solusi melalui kurasi terlebih dahulu. Sehingga produk-produk yang dijual bukanlah sembarang produk.

“Karena nantinya akan dipasarkan untuk oleh-oleh khas Kota Malang, ada standardnya," kata Sutiaji, Kamis (24/1/2019).

Transaksi yang dilakukan di Rumah Solusi juga didorong tidak menggunakan uang tunai. Sutiaji ingin mengajak agar masyarakat dapat beradaptasi dengan industri 4.0, khususnya bagi Kelompok PKK Kota Malang. Dalam menerapkan sistem seperti itu, Pemkot Malang menggandeng sejumlah bank di wilayah Kota Malang.

"PKK itu usianya boleh tua, tapi mau tidak mau harus tahu 4.0," kata Sutiaji.

Selain menjual produk-produk buatan UMKM, Rumah Solusi juga menjual barang kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah. Adanya akses barang kebutuhan pokok dengan harga murah tersebut bisa menjadi solusi pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Widayati mengatakan bahwa Rumah Solusi merupakan tempat bagi produk-produk buatan UMKM Kota Malang, khususnya untuk hasil industri rumah tangga, mulai dari makanan olahan hingga produk kerajinan.

"Rumah Solusi sebagai wahana penguatan UMKM di Kota Malang, dengan fokus pada pengembangan sektor ekonomi riil yang digerakkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah," kata Widayati.

Meskipun sektor ekonomi riil tersebut digerakkan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah, namun tetap menggunakan pola manajemen milenial yang sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved