Keuntungan Beli Mobil Bekas dan Tips Memilih Agar Lebih Hemat Uang

konsumen juga harus jeli memilih penjual dan dealer mobil bekas mana yang terpercaya. Hal ini bisa dilakukan mulai dari mengecek track record di media

Keuntungan Beli Mobil Bekas dan Tips Memilih Agar Lebih Hemat Uang
Arie Noer Rachmawati
Presiden Direktur Harris Mobil, Harris Suwignyo (kiri) usai talkshow bertajuk Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Harris Mobil Showroom Surabaya, Jalan Barata Jaya, Minggu (27/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pasar mobil bekas hingga kini dinilai masih menguntungkan. Bahkan, membeli mobil bekas memiliki sejumlah keuntungan yang tak kalah menariknya dari mobil baru.

Ketua Forum Wartawan Otomotif (FORWOT), Indra Prabowo menerangkan, banyak keuntungan yang dapat diperoleh konsumen jika membeli mobil bekas.

"Mobil bekas sampai saat ini masih dinilai seksi. Dari data penjualan mobil baru saja setahun 1,1 juta unit artinya potensi mobil bekas ini juga cukup besar," terangnya saat Talkshow bertajuk Keuntungan Membeli Mobil Bekas di Harris Mobil Showroom, Surabaya, Minggu (27/1/2019).

Dia mengatakan, keuntungan membeli mobil bekas di antaranya konsumen dapat mengalokasikan dananya untuk mobil bekas lainnya, jika membeli satu mobil bekas.

"Mobil bekas lebih menghemat uang atau dana kita dan mobil bekas juga banyak pilihan, tak kalah dari mobil baru yang berada di dealer-dealer," katanya.

Selain itu, lanjut dia, dari sisi pembayaran pajak maupun asuransi mobil bekas lebih rendah.

Serta leasing dan kreditnya pun kini bervariasi sehingga memberikan kemudahan pula bagi masyarakat yang menginginkan mobil bekas.

"Nah, keuntungan beli mobil bekas sekarang juga ada garansinya dari para showroom. Jadi sekarang konsumen itu tak perlu lagi khawatir jika mobil yang sudah dibeli tidak bisa ditukar bila ada kendala dan segala macamnya," lanjutnya.

Hanya saja, memang dalam membeli mobil bekas butuh kejelian, ketelitian, dan memperhatikan hal-hal agar tidak merugikan.

Indra menjelaskan, saat membeli mobil bekas sebaiknya konsumen menyesuaikan kebutuhan dan anggarannya.

"Jangan nekat. Kalau ingin beli mobil bekas sesuaikan dana yang ada. Apalagi sekarang teknologi digital bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait mobil yang dicari," jelasnya.

Selanjutnya, kata Indra, konsumen juga harus jeli memilih penjual dan dealer mobil bekas mana yang terpercaya. Hal ini bisa dilakukan mulai dari mengecek track record di media sosial.

"Misalnya, komplain-komplain dari masyarakat. Nah, ini bisa jadi bahan untuk memilah mana penjual mobil bekas yang aman agar tidak kecewa," tuturnya.

Terakhir, konsumen juga harus melihat dan memilih penjual mobil bekas yang memberikan garansi, memeriksa service centernya hingga melakukan test drive pada mobil yang akan dibeli.

"Agar lebih yakin terhadap mobil bekas yang akan dipilih lebih baik juga konsultasi pada konsultan yang ada di showroom mobil bekas tersebut," imbuhnya. Arie Noer Rachmawati

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved