Kota Batu

Ditengok Kementerian Dalam Negeri, Pemkot Batu Bergegas Mendata Aset Berharga

Pemkot Batu segera bergegas untuk mendata barang milik daerah berupa aset. Baik berupa peralatan, kendaraan, dan juga gedung.

Ditengok Kementerian Dalam Negeri, Pemkot Batu Bergegas Mendata Aset Berharga
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto tidak lama lagi akan menjadi milik Pemkot Batu dan terlepas dari kepemilikan Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Pemkot Batu segera bergegas untuk mendata barang milik daerah berupa aset. Baik berupa peralatan, kendaraan, dan juga gedung.

Pendataan itu dilakukan agar Pemkot Batu memiliki data yang jelas terkait kepemilikan barang.

Apalagi saat ini masih pendataan itu masih belum lengkap, atau masih bolong-bolong.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan pendataan aset ini tidak sembarangan.

Harus sesuai dengan regulasi sesuai dengan Permendagri nomor 16 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

“Kami harus menyesuaikan dengan regulasi yang baru, semisal barang berupa peralatan kantor meja kursi, itu harus jelas beli kapan, pengadaan kapan, melalui lelang atau e-katalog.”

“Dengan adanya sosialisasi dari Kemendagri ini, segera kami data,” kata Punjul kepada SURYAMALANG.COM seusai sosialisasi Permendagri nomor 16 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah di Balai Kota Among Tani, Senin (28/1/2019).

Dalam sosialisasi itu juga dihadiri Direktur BUMD, BLUD, dan Barang Milik Daerah, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Dr Hari Nur Cahya Murni M.Si.

Punjul juga menjelaskan kalau pengadaan barang juga harus sesuai dengan aturan.

Dalam artian, setiap pengadaan barang harus melalui perencanaan terlebih dahulu. Serta masuk ke dalam daftar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Halaman
12
Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved