Kota Batu

Kejari Batu Disibukkan Dengan Tujuh Kasus Sengketa Tanah Pemkot Batu

Ada tujuh kasus sengketa tanah yang saat ini sedang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Batu.

SURYAMALANG.COM, KOTA BATU - Ada tujuh kasus sengketa tanah yang saat ini sedang ditangani Kejari Kota Batu. Yaitu kasus sengketa empat rumah di Jalan Bromo, Kelurahan Sisir.

Kasus ini ada empat rumah sekaligus yang dihuni oleh pihak kedua.

Kasi Datun Kejari Batu, I Nyoman Sugiartha mengatakan rumah itu dahulu sebelum Kota Batu menjadi kota, empat rumah itu ditempati oleh pejabat.

“Kasus ini tahun 2014 sempat penghuni rumah itu mau diusir. Tapi karena menghindari masalah yang lebih serius, dari Kejari Batu memberikan saran,” kaya Nyoman kepada SURYAMALANG.COM, Kamis (31/1/2019).

Yaitu menerapkan biaya sewa bagi penghuni rumah itu sesuai dengan perwali Pajak Daerah.

Ia menyebutkan ke-empat orang yang menghuni rumah itu menyetujui untuk membayar sewa selama setahun. Dan akan berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya.

Selain empat kasus itu, tiga kasus lainnya ialah sengketa Songgoriti Resort, rumah Drg Edi, dan Puskesmas Batu

“"Untuk yang songgoriti resort ini kami menyarankan agar kepala daerah masing-masing bertemu. Dsn membicarakan bagaimana enaknya. Karena Kabupaten Malang juga menggunakan Kejari sebagai Jaksa Pengacara Negeri (JPN),” ungkapnya.

Lain lagi dengan kasus tanah Puskesmas Batu. Lahan puskesmas Batu di Jalan Samadi merupakan tanah hasil tukar guling dengan bangunan Plasa Batu.

Namun yang jadi pertanyaan ialah setelah tanah yang saat ini bangunan Puskesmas Batu menjadi aset Pemkot Batu, tiba-tiba ada 11 sertifikat yang mengatasnamakan pemilik dari bangunan itu.

Saat ini pihak Kejari Batu sedang menelusuri siapa saja pemilik 11 sertifikat itu.

“Itu yang jadi pertanyaan saat ini. Dan kami juga sedang memanggil 11 ornag yang memiliki sertifikat kepemilikan tanah itu,” kata Nyoman.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved