Rumah Politik Jatim

Barisan Santri Merah Putih Ajak Pakde Karwo Dukung Jokowi-Ma’ruf

BSMP berniat mengajak Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) untuk mendukung calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

Barisan Santri Merah Putih Ajak Pakde Karwo Dukung Jokowi-Ma’ruf
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Perwakilan para kiai Jatim menyerahkan surat untuk Gubernur Jatim di gedung negraha Grahadi Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Sejumlah kiai yang mengatasnamakan Barisan Santri Merah Putih (BSMP) mendatangi Gedung Negara Grahadi, Jumat (1/2/2019). Kedatangan mereka untuk bertemu dengan Gubernur Jatim, Soekarwo.

BSMP berniat mengajak Pakde Karwo (sapaan Soekarwo) untuk mendukung calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. ”Dengan segala kerendahan hati, kami mengajak Pakde Karwo untuk bersama mendukung Jokowi-Kiai Ma’ruf,” kata Ketua BSMP, KH Fahrur Rozie, ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (1/2/2019).

Sebagai bentuk ajakan resmi, Gus Fahrur bersama rombongan membawa surat yang ditujukan langsung kepada Pakde Karwo. Sayang, mereka gagal bertemu Pakde Karwo karena Gubernur Jatim dua periode ini sedang tidak berada di Grahadi.

”Meskipun tidak bertemu, surat kami telah diterima staf Grahadi. Rencananya, pekan depan kami akan ke Grahadi kembali untuk menindaklanjuti ajakan tersebut,” kata pengasuh Pesantren Canga’an, Bangil, Pasuruan ini.

Gus Fahrur cukup optimistis, Pakde Karwo bersedia terhadap ajakannya. Apalagi, Pakde Karwo akan purna tugas dari jabatannya sebagai Gubernur pada 12 Februari 2019 mendatang.

Sehingga, Pakde Karwo bisa fokus dalam mesin pemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jatim. ”Nantinya, BSMP siap dikomandoi langsung oleh Pakde Karwo pada gerak pemenangan Jokowi-Kiai Ma’ruf,” kata Gus Fahrur.

Dengan adanya dukungan dari Pakde Karwo, BSMP optimistis bisa meraih tambahan lima juta suara pemilih di Jatim atau setara dengan sekitar 15 persen Daftar Pemilih Tetap Tetap (DPT) di Jatim untuk Jokowi-Ma’ruf.

“Sehingga, kalau diakumulasikan dengan jumlah pemilih di Jatim yang telah memilih Pak Jokowi saat ini, kemenangan 01 bisa mencapai 90 persen,” kata Gus Fahrur.

Gus Fahrur juga cukup meyakini Pakde Karwo tak akan terpengaruh dengan sikap partai Demokrat yang mendukung calon presiden-wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sekalipun, Pakde Karwo saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jatim.

Gus Fahrur mengutip penjelasan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang membebaskan kadernya dalam menentukan pilihan di pilpres. ”Kami membaca pernyataan dari Mas AHY di beberapa media yang tidak mempermasalahkan kader Demokrat mendukung paslon nomor 01,” kata Gus Fahrur.

Gus Fahrur juga memberikan beberapa alasan pihaknya pada akhirnya mendukung Jokowi-Ma’ruf. Pihaknya mengapresiasi berbagai capaian di periode pertama memimpin.

”Keberhasilan Bapak Joko Widodo sangat nyata dan signifikan. Misalnya soal infrastruktur, ekonomi, dan kesejahteraan rakyat,” kata Gus Fahrur.

Organisasi yang mengklaim memiliki anggota mencapai 20 ribu relawan ini juga menjadikan sosoh Kiai Ma’ruf sebagai alasan pihaknya memberikan dukungan ini. ”Kiai Ma’ruf merupakan representasi dari kalangan Nahdliyin, mayoritas masyarakat Jawa Timur saat ini,” pungkasnya.  

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved