Rumah Politik Jatim

Dana Kampanye Guntur Romli Rp 350 Juta, Venna Melinda Rp 500 Juta, Djamal Aziz Rp 1,5 Miliar

Venna Melinda, caleg Partai NasDem, menyiapkan anggaran sekitar Rp 500 juta untuk biaya kampanye tahun ini.

Dana Kampanye Guntur Romli Rp 350 Juta, Venna Melinda Rp 500 Juta, Djamal Aziz Rp 1,5 Miliar
bobby koloway - suryamalang.com
Diskusi Catatan Najwa: Greget Wakil Rakyat di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jumat (2/1/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Para calon legislatif (caleg) tingkat DPR RI harus menguras uang ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk berkampanye selama pemilu serentak 2019.

Venna Melinda, caleg Partai NasDem, menyiapkan anggaran sekitar Rp 500 juta untuk biaya kampanye tahun ini.

”Jumlah ini relatif sama dengan jumlah yang kami siapkan di pemilu 2014 lalu,” kata Venna pada diskusi Catatan Najwa: Greget Wakil Rakyat di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jumat (2/1/2019).

Acara ini dimoderatori langsung oleh presenter senior, Najwa Sihab serta diikuti oleh sejumlah caleg lintas partai. Juga, sejumlah civitas akademik Unair, serta sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Surabaya.

Venna mengungkapkan, pada pemilu 2014 silam pihaknya juga menyiapkan dana senilai Rp 500 juta. Sedangkan untuk pemilu 2009, mantan Anggota DPR RI dua periode ini mengeluarkan Rp 250 juta.

Mantan politisi Partai Demokrat ini menyebut bahwa anggaran sebesar itu lebih banyak dikeluarkan untuk kebutuhan Alat Peraga Kampanye (APK). Selain melalui APK, Venna yang juga artis senior ini banyak mengajak masyarakat untuk senam bersama.

”Kami sebenarnya telah sedikit berhemat. Sebagai gantinya, kami menarik antusias masyarakat biasanya dengan senam bersama,” kata caleg dari dapil Jatim VI ini.

Anggaran tak kalah besar juga disiapkan oleh Djamal Aziz, caleg dari Partai Gerindra. Selama empat bulan berkampanye, ia telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar,

”Untuk APK saja menghabiskan sekitar satu miliar. Di antaranya, untuk membuat baliho dan beberapa peraga lainnya,” kata pria yang akrab disapa Habib ini.

Selain itu, anggaran sebesar itu juga sebagian diberikan kepada masyarakat meskipun tak berbentuk uang. ”Ada yang minta untuk membangun masjid. Ada juga yang ingin membangun sumur,” kata caleg dari dapil Jatim 1 ini.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved