Rumah Politik Jatim

50 Persen Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Berpotensi Golput Administratif di Pemilu

Dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang menyoroti partisipasi politik di kampus itu khususnya di kalangan mahasiswa.

50 Persen Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Berpotensi Golput Administratif di Pemilu
SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Suasana acara Bonsai (Bincang dan Obrolan Santai) tentang "Partisipasi Politik Dalam Dunia Kampus" di lantai 6 gedung Rektorat Universitas Brawijaya (UB), Rabu (6/2/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Andhyka Muttaqin MPA, dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang menyoroti partisipasi politik di kampus itu khususnya di kalangan mahasiswa.

Dengan jumlah mahasiswa UB sebanyak 60.000 orang, jika tidak melakukan pindah pilih saat pemilu (pileg dan pilpres) pada 17 April 2019 maka berpotensi golput administratif.

Jumlahnya diperkirakan mencapai 27.500 orang.

Meski tanggal itu ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun pulang kampung untuk memberikan hak suara di pemilu mungkin berat di ongkos.

“Mungkin lebih enak liburan. Tidur di kos-kosan. Sebab April itu masih hari efektif kuliah dan mendekati UAS,” jelas Andhyka.

Ia menjelaskan itu saat di acara Bonsai (Bincang dan Obrolan Santai) yang diprakarsai Humas UB, Rabu (6/2/2019) bertema ‘Partisipasi Politik Dalam Dunia Kampus’.

Dikatakan, dari 60.000 mahasiswa UB, sebanyak 40 persen mahasiswa dari Jabotabek (Jakarta Bogor Tangerang Bekasi).

Kemudian 10 persen dari luar Pulau Jawa. Sedang 50 persennya dari daerah-daerah di Jawa Timur yang mungkin akan pulang kampung karena relatif dekat.

Nah, yang 50 persen itu perlu difasilitasi agar bisa pindah tempat memilih (A5).

Ia menyatakan dari survei kecil-kecilan yang dilakukan ke mahasiswa, mereka sudah tercatat di DPT (Daftar Pemilih Tetap) di tempat tinggalnya.

Halaman
1234
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved